Waspadai Kekerasan Seksual pada Anak!

0
126 views

Kiblatmuslimah.com- Maraknya kasus pelecehan seksual terhadap anak, membuat komunitas Homeschooling Muslim Nusantara (HSMN) Solo Raya berinisiatif menggelar talkshow terkait pelecehan seksual anak.

Kegiatan tersebut dilakukan guna membangun kesadaran dan kewaspadaan bersama tentang ancaman kekerasan seksual pada anak. Termasuk menjadikan keluarga sebagai basis pencegahan perilaku pelecehan dan penyimpangan seksual pada anak.

Talkshow bertajuk, “Dekap Erat Ananda, Jauhkan dari Ancaman Pelecehan Seksual di Sekitarnya” ini, diadakan di Hotel Assalam Syariah, Gonilan, Kartasura, Sukoharjo (12/05). Menghadirkan Ketua Yayasan Peduli Sahabat, Sinyo Egie, beserta Ketua Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak Pinggiran (PPAP) SEROJA, Retno Heny Pujiati.

Dalam kegiatan yang dihadiri hampir sekitar 70 peserta, pembicara yang akrab dipanggil Kak Sinyo memaparkan fakta terkait fenomena pelecehan seksual terhadap anak.

Kak Sinyo juga menyampaikan bahwa upaya pencegahan pelecehan seksual terhadap anak, harus diawali dengan peran orangtua yang harus menjadi sahabat terbaik bagi anak.

Sementara itu, Bu Retno menjelaskan bagaimana pendidikan seks pada anak (tarbiyatul jinsiyah) sebagai upaya preventif pelecehan seksual. Diantaranya adalah mendidik anak agar memiliki rasa malu, mengajarkan untuk menutup aurat, menanamkan adab seperti menjaga pandangan, memisahkan tempat tidur dan melarang mereka mandi bersama.

Bu Retno memaparkan pula tentang apa yang harus dilakukan orangtua jika melihat kejadian kekerasan seksual pada anak. Termasuk pihak mana saja yang bisa dilibatkan atau dimintai bantuan jika terjadi kasus tersebut.

Talkshow diakhiri dengan kegiatan pembacaan deklarasi dukungan HSMN Solo Raya kepada GN-AKSA (Gerakan Nasional Anti Kekerasa Seksual pada Anak), disertai penandatanganan bersama deklarasi oleh peserta talkshow. (vikast)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here