Vaksin MR Haram, MUI Bolehkan jika Darurat

0
81 views

Kiblatmuslimah.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) merilis fatwa haram untuk vaksin campak dan rubela alias Measles Rubella (MR), karena mengandung babi.

 

“Penggunaan vaksin MR produk dari serum SII hukumnya haram karena dalam proses produksi menggunakan bahan dari babi,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin, di Gedung MUI, Jakarta, Senin (20/8), seperti dilansir Kumparan.

 

Meski begitu, MUI masih memperbolehkan penggunaan vaksin MR bagi umat muslim. Mengingat, sampai saat ini belum ada vaksin MR yang halal.

 

“Penggunaan vaksin MR produk dari SII pada saat ini dibolehkan atau mubah hukumnya karena ada kondisi keterpaksaan (darurat syariah) dan belum ditemukan vaksin MR halal dan suci,” lanjutnya.

 

Sementara itu, Munif Basalamah (45 th) seorang warga yang ditemui Kiblatmuslimah menyayangkan pemerintah melalui dinas terkait yang terkesan memaksakan pemberian vaksin MR kepada para siswa di sekolah anaknya.

 

“Tadinya sekolah tidak ingin ada kegiatan vaksin, tapi akhirnya hanya bisa memfasilitasi saja. Keputusan mau divaksin atau tidak, diserahkan ke wali murid masing-masing,” ujar warga Depok ini.

 

Munif berharap ada penjelasan resmi baik dari MUI maupun pemerintah tentang sifat dan tingkat kedaruratannya.

 

“Kalau tidak darurat, ya jangan dibikin seolah sedang darurat,” pinta Munif.

Penulis: Anis

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here