Ummu Hukaim binti Harits

0
81 views

Kiblatmuslimah.com – Ummu Hukaim binti Haritsah, istri Ikrimah bin Abu Jahal, masuk Islam pada saat penaklukan kota Mekkah. Sementara suaminya melarikan diri ke Yaman. Nabi telah memerintahkan agar ia dibunuh, karena tindakannya melawan Islam dan kaum muslimin.

Ummu Hukaim memintakan suaka kepada Nabi untuk suaminya. Ia mengejar suaminya dan menyuruhnya kembali menemui Rasulullah serta menerima Islam. Ia terus melakukan hal itu hingga akhirnya dengan keutamaan dari Allah, keinginannya terkabul.

Al-Hafizh Ibnu Abdil Bar menceritakan kejadian itu, “Ia masuk Islam pada hari penaklukan kota Mekkah, lalu memintakan suaka kepada Rasulullah untuk suaminya, Ikrimah. Ikrimah sendiri sudah melarikan diri ke Yaman. Ummu Hukaim pergi untuk mencari suaminya dan mengembalikannya ke Mekkah hingga suaminya masuk Islam. Akhirnya keduanya bisa melanggengkan pernikahan mereka”.

Pada sebagian riwayat disebutkan rincian saat ia mendorong suaminya agar mau masuk Islam serta memberikan peringatan terhadap orang yang menolak ajaran Islam. Di antara riwayat tersebut menyebutkan bahwa ia berkata, “Hai anak pamanku, aku datang kepadamu dari tempat manusia yang paling menjaga silaturahim, paling baik dan berbudi. Oleh sebab itu, jangan binasakan dirimu sendiri”.

Sementara, dalam riwayat lain disebutkan, “Ia mengejar suaminya dengan mengendarai perahu. Ia memanggil, ‘Hai anak pamanku, ini aku datang membawa surat suaka dari Rasulullah untukmu. Kalau engkau masuk Islam, engkau akan menerima surat suaka itu dan aku tetap menjadi istrimu. Kalau tidak, putuslah hubungan antara kita berdua!”

Demikianlah, wahai wanita shalihah. Singkirkan segala motivasi dan cita-cita yang rendah dari atas pundakmu, singsingkan lengan baju dan tingkatkan semangatmu. Menghadaplah kepada Allah. Karena dunia nyaris habis, sementara umat manusia semakin dekat dengan hisab mereka dalam keadaan lalai. Aku memohon kepada Allah agar dengan risalah ini aku bisa menerangi jalan menuju motivasi dan cita-cita yang tinggi, meski hanya sedikit saja.

Penulis: Peni Nh

Penyunting: UmmA

Sumber: Isham bin Muhammad Asy-Syarif. 2012. Panduan Tarbiyah Wanita Shalihah. Solo: Al-Qowam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here