Tips Mudik bersama Buah Hati dengan Mobil Pribadi

0
118 views

Kiblatmuslimah.com – Ramadhan telah berada di penghujungnya, Idul fitri akan segera tiba. Mudik tentu menjadi rutinitas jelang Idul Fitri yang dinanti-nanti setiap keluarga perantau. Lebaran belum terasa khidmat rasanya jika tidak berkumpul dengan handai taulan. Nah, sebelum berangkat mudik yuk cek tips mudik bersama buah hati dengan mobil pribadi ala kiblat muslimah di bawah ini:
1. Pastikan mobil dalam keadaan sehat
Sebelum berangkat mudik, persiapkan kendaraan dengan seksama. Servis mesin dan ganti oli wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Cek kelengkapan mobil, dongkrak, ban serep, segitiga pengaman, dan pastikan semua fitur keselamatan kendaraan berfungsi dengan baik.
Jangan pernah nekad membawa anak-anak dengan menggunakan mobil bodong, lampu sign mati, sabuk pengaman tidak ada, central lock tidak berfungsi, kesehatan mobil meski bukan satu-satunya jaminan, adalah keselamatan bagi penumpangnya.
2. Siapkan bekal makanan dan baju ganti
Untuk menempuh perjalanan 12 jam atau bisa lebih, persiapkan bekal makanan yang cukup bagi anak-anak anda. Siapkan satu tas berisi camilan sehat berupa biskuit, roti, buah-buahan dan air minum. Letakkan pada tempat yang mudah dijangkau, makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk juga penting untuk disiapkan agar jam makan anak-anak tetap terjaga meski sedang melakukan perjalanan.
Pisahkan baju ganti satu atau 2 potong beserta handuk, sabun cair dan tissue basah, ini diperlukan apabila sewaktu-waktu anak muntah atau terkena tumpahan makanan. Ibu tidak perlu repot membongkar koper di bagasi hanya untuk mengambil sebuah baju.
3. Obat-obatan dan suplemen
Siapkan juga obat-obatan dan suplemen yang biasa diminum si kecil seperti madu dan sari kurma. Minyak kayu putih, obat anti mual jika diperlukan, obat penurun panas, dan lain sebagainya. Kantong plastik kecil dan sapu tangan bersih atau tisu selipkan diantara tas tangan anda. Sewaktu-waktu anak anda ingin muntah kantong plastik bisa segera digunakan.
4. Siapkan tempat duduk dan tidur yang nyaman
Meski di dalam mobil, perhatikan kenyamanan tempat duduk anak. Karena posisi nyaman akan mengurangi kerewelan mereka selama perjalanan. Sediakan bantal kecil dan alasi jok mobil anda dengan selimut tebal. Sebisa mungkin tempatkan anak-anak di bagian tengah atau belakang mobil. Hal ini agar gerak anak-anak tidak mengganggu supir yang sedang konsentrasi berkendara.
5. Bawa dvd, buku cerita atau mainan kecil
Untuk mengurangi kejenuhan selama perjalanan bawakan si kecil buku cerita yang dapat dibaca bersama-sama. Bermain sebuah mainan atau menonton selama perjalanan tentu akan mengurangi rasa bosan.
Sebisa mungkin hindari pemakaian gadget yang berlebihan, di samping berefek buruk pada otak juga membuat mata mudah lelah dan menimbulkan rasa pusing jika terlalu lama menggunakannya di perjalanan. Lebih baik orang tua berinteraksi aktif dengan bercerita atau bermain permainan sederhana bersama anak-anak.
6. Berhenti dua atau tiga jam sekali
Sebaiknya kendaraan berhenti dua atau tiga jam sekali. Selain supir bisa beristirahat memulihkan tenaga, anak-anak juga harus ditanya apakah mereka perlu untuk buang air kecil dan buang air besar.
Sering berhenti juga membuat anak-anak dapat meluruskan badan sejenak dan menghirup udara bebas setelah beberapa jam di dalam mobil. Mereka bisa bergerak bebas sebentar sebelum kembali siap untuk duduk di kendaraan dalam waktu lama.
7. Tentukan waktu keberangkatan yang pas
Kita memang tidak bisa menghindari kemacetan yang mungkin saja terjadi saat melakukan perjalanan, terlebih jelang hari raya seperti ini. Tapi, berdasarkan pengalaman dan pantauan dari layar kaca maupun jaringan mobile kita bisa memprediksi waktu-waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan bersama anak-anak. Cari informasi sedetail-detailnya tentang kondisi lalu lintas dan jalur terdekat yang bisa kita tempuh ke tempat tujuan.
Demikian beberapa tips dari kami, semoga perjalanan anda bersama anak-anak menyenangkan dan mengesankan. Selamat sampai tujuan.

 

 

*Putri Samawiy

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here