Tanaman Anting-Anting

0
2162 views

Kiblatmuslimah.com – Tanaman anting-anting (Acalhypha australis linn) merupakan jenis tanaman herba semusim. Biasanya ditemukan di pinggir jalan, lapangan rumput atau lereng-lereng bukit.

Ciri-ciri fisik tanaman: Memiliki batang dengan tinggi sekitar 30 sampai 60 cm dan garis memanjang yang kasar. Bunga dari anting-anting memiliki kelamin tunggal dan berumah satu yang keluar dari ketiak daun. Bunganya berbentuk kecil-kecil dalam rangkaian berupa malai.

Khasiat: Antibiotik, anti radang, peluruh air senih (diuretik), astringent dan menghentikan perdarahan (haemostatik). Umumnya orang menggunakan bagian akarnya untuk menangani penyakit asam urat.

Rasa: Pahit, sejuk dan bersifat astringen.

Manfaat dari tanaman anting-anting:

Disentri Amoeba: Tanaman kering (seluruh batang) sekitar 30-60 gram direbus. Air rebusan diminum 2 kali dan diulangi untuk 5-10 hari.

Dermatitis, eksema, koreng: Herba segar secukupnya direbus, air rebusannya untuk cuci kulit yang sakit.

Batuk, mimisan dan berak darah: Tanaman kering 30-60 gram, direbus dan diminum setelah dingin.

Diare: Tanaman kering 30-60 gram, direbus dan diminum dingin.

Herbal penumpas kanker, myom, kista dan tumor: Anting-anting 1 ons kering, jintan hitam 1 ons, kunyit putih kering 1 ons. Dimasukkan ke dalam botol dan isi hampir penuh dengan madu murni. Tutup rapat dan lubangi tutupnya dengan jarum. Simpan di tempat teduh (fermentasi) minimal 1 minggu. Diminum minimal 6 sdm perhari saat perut kosong.

Obat untuk kucing: Akar biasa dipakai obat oleh kucing secara naluriah.

Karena akar tanaman anting-anting disenangi kucing, maka tanaman anting-anting sering juga disebut kucing-kucingan atau akar kucing. Akar anting-anting kesukaan kucing. Itu terjadi secara naluriah dan hanya Allah yang mengajarkan itu kepada kucing. Ma sya Allah.

Orang Sunda mengenalnya sebagai rumput kokosan, kami menyebutnya anting-anting. Apa nama daerah untuk tanaman ini di tempat Anda?‪

[Rikawa]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here