Talaqqi pada Janin

0
95 views

Kiblatmuslimah.com – Tahukah Anda bahwa orang-orang Yahudi menebarkan “virus” kepada ibu hamil untuk memperdengarkan musik pada janin yang dikandungnya? Alasannya akan merangsang pertumbuhan otak bayi. Belakangan dalam sebuah riset, hal ini terbukti bohong adanya.

Menurut Profesor Tjut Nyak Deviana,  lulusan Musikhochschule Freiburg im Breisgau, Jerman, Majoring in Piano and Composiyon tahun 1977 hingga 1980, dikutip di laman liputan6.com, saat ini terlalu banyak promosi menyesatkan yang diterima oleh para calon ibu terkait musik yang didengarkan akan mempengaruhi kecerdasan janin.

Namun demikian, kontroversi tersebut justru semakin membuktikam bahwa dari seluruh indra yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada manusia, pendengaran adalah yang paling pertama dan terakhir aktif.

Mulai ketika manusia masih dalam bentuk janin di rahim ibunya, ia sudah dapat mendengar dunia luar. Pendengaran pun adalah indra terakhir yang berfungsi saat manusia sekarat menjelang ajal. Sebab itu kita diperintahkan talqin.

Bagi kita yang menginginkan buah hati menjadi penghafal Al-Quran, saat mengandung adalah waktu yang tepat untuk mulai talaqqi bersama calon bayi. Mulai memperkenalkan ayat-ayat Allah dengan rutin bertilawah.

Ibu sebagai madrasah pertama anak, sejatinya sudah dimulai sejak tahap mengandung. Apa yang dirasakan, diucapkan, dibaca, atau didendangkan oleh ibu, akan didengar sempurna oleh calon bayi.

Suara tilawah ibu akan didengar dan seolah menjadi talaqqi bagi bayi. Apalagi jika diperdengarkan berulang-ulang. Otak bayi yang perlahan terbentuk, akan terbiasa menyerap gelombang suara berupa bacaan Al-Quran dari si Ibu.

Inilah rahasia sukses orang tua yang memiliki anak-anak balita namun sudah lancar melafalkan ayat Al-Quran meski mereka belum bisa membaca. Karena mereka sudah terbiasa mendengar sejak masih janin, sehingga saat balita ketika orang tua mereka mengajarkan, balita-balita ini telah familiar dan mampu menyerap dengan cepat. Seolah telah tertanam lama di otak mereka.

Nah, mulai sekarang, bagi para ibu hamil mari rutinkan bertilawah atau dengarkan murotal ayat-ayat Allah  Subhanahu wa ta’ala dengan suka cita dan hati yang ridha! Semoga Allah menjadikan kita semua Ahlul Quran. Aamiin….

 

 

(Dari berbagai sumber)

 

Penulis: Ekadeffa

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here