Sifat Kehidupan

0
171 views

Kiblatmuslimah.com – Dunia adalah panggung kehidupan dan kita sebagai pelakunya. Kita harus mengetahui bahwa dalam kehidupan dunia ada sifat-sifat yang harus diketahui dan dipahami. Ketika seseorang mengetahui sifat kehidupan maka akan lebih tenang dalam menjalaninya. Kehidupan bukan milik kita tapi kehidupan dan mati adalah milik Allah.

Para ulama menyebutkan 8 sifat kehidupan. Sifat tersebut pasti dialami setiap manusia. Dalam menyikapi sifat kehidupan, setiap manusia berbeda. Adapun 8 sifat kehidupan di antaranya adalah:

1 dan 2. Kebahagian dan Kesedihan

Kebahagian dan kesedihan merupakan sifat kehidupan. Di dalam kehidupan, tidak ada manusia yang selamanya bahagia atau sedih. Allah telah menjadikan tertawa dan menangis,

وَأَنَّهُ هُوَ أَضْحَكَ وَأَبْكَىٰ

Dan sesungguhnya Dia (Allah) yang menjadikan seorang tertawa dan menangis. (QS. An-Najm: 43)

Ketika kita merasakan kesedihan dalam kehidupan maka ketahuilah itu tidak akan selamanya. Akan hadir kebahagian yang membuat kita lupa dengan kesedihan yang kita rasakan.

3 dan 4. Pertemuan dan Perpisahan

Di dalam kehidupan dunia, kita akan memahami bahwa ada pertemuan dan perpisahan. Hal ini tidak bisa dihindari. Ketika Allah takdirkan kita untuk bertemu maka Allah juga akan takdirkan akan berpisah. Yang harus dipahami bahwa pertemuan yang hakiki adalah di akhirat antara orang yang beriman. Sementara perpisahan yang hakiki adalah ketika seseorang dipisahakan oleh surga dan neraka.

5 dan 6. Sakit dan Sehat

Sakit dan sehat merupakan hal yang pernah dirasakan oleh setiap manusia. Ketika seseorang sakit maka keimanannya diuji, apakah membuat dia semakin dekat dengan Allah atau bahkan menjadi orang yang menyekutukan Allah dalam hal mencari kesembuhan.

Sehat juga menjadi ujian tersendiri. Begitu banyak manusia yang menggunakan masa sehatnya untuk kemaksiatan. Namun bagi orang beriman, kesehatan adalah cara agar ia bisa maksimal dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah.

7 dan 8. Masa Sulit dan Menyenangkan

Di dalam menjalani kehidupan, kita akan mendapati masa-masa sulit yang terasa sempit. Namun dalam kesempitan tersebut, Allah telah menjanjikan akan ada hal yang menyenangkan. Allah telah berjanji bahwa di balik kesusahan akan ada kemudahan. Allah firmankan di dalam surah Al-Insyirah ayat 5-6 yang artinya,

“Karena sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama setiap kesulitan ada kemudahan.

Demikan sifat-sifat kehidupan yang harus kita pahami dan ketahui. Semoga dengan kita memahami sifat kehidupan, akan lebih tenang dalam menjalaninya di dunia yang hanya sementara ini.

Syifa Azzahra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here