Siapkan Mental Orang Tua Antar Anak ke Pesantren

0
101 views

Kiblatmuslimah.com  Tahun pelajaran baru telah dimulai. Saatnya generasi penerus bangsa kembali menuntut ilmu setelah lama menikmati masa liburan. Para perantau cilik pun harus kembali masuk asrama-asrama pondok pesantren seperti sedia kala. Apa kabar, Ayah dan Bunda?

Terkadang bukan perihal mudah berpisah dengan buah hati. Tak jarang ketika liburan usai, justru Ayah dan Bunda yang merasa sedih akan berpisah kembali dengan putra-putri tercintanya. Melepas mereka untuk kembali masuk pesantren, jauh dari keluarga dan kedua orang tuanya.

Beberapa teman sempat curhat, merasa sangat sedih saat meninggalkan anak sulung mereka untuk belajar di pesantren. Sedangkan buah hati mereka terlihat lebih kuat dan siap belajar. Mungkin yang dirasakan itu bukan hal aneh, pasti banyak orang tua merasakan hal serupa. Ketika anak lebih siap masuk pesantren daripada kedua orang tuanya, terutama sang Bunda.

Memahami bahwa pendidikan pondok pesantren sangat penting bagi anak-anak, tentu akan membuat kita lebih mudah merelakan mereka. Langkah awal yang dapat kita lakukan adalah cari info sebanyak-banyaknya hal positif yang mengharuskan anak kita masuk ke pesantren. Hal yang akan mereka dapat serta harapan orang tua jika si kecil mengenyam pendidikan di Pesantren.

Alasan demi alasan tersebut insya Allah akan membuat kita lebih kuat saat harus melepas buah hati. Perlu diingat, ikatan batin orang tua dan anak yang sangat erat menjadikan perasaan orang tua berdampak pada anak. Ketika orang tua ikhlas dan ridha si buah hati belajar di pesantren -maka percaya atau tidak- anak akan mudah beradaptasi dan memulai pelajarannya. Begitupun sebaliknya.

Oleh karena itu, kesiapan mental orang tua sangat penting untuk mendukung kemandirian anak ketika masuk Pesantren. Keyakinan orang tua jika jalur pendidikan yang telah dipilih sudah tepat untuk sang anak, akan memberikan dampak psikologis yang baik bagi kedua belah pihak. Tegar pada pilihan yang telah dijatuhkan dan dukung penuh anak memasuki pesantren dengan keyakinan kuat dari orang tua.

Penulis : Ekadeffa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here