Serial Al-Fatih: Persiapan Penaklukan Konstantinopel

0
86 views

Kiblatmuslimah.com – Konstantinopel adalah sebuah kota yang berbentuk segitiga  dikelilingi perairan laut di ketiga arahnya: Teluk Bosporus, Laut Marmara dan Teluk Tanduk Emas. Dari arah laut, terdapat 400 kapal menjaga dan melindungi kota. Pada kedua sisinya terdapat rangkaian rantai besi berukuran besar yang mampu menghentikan armada kapal laut yang hendak memasuki kota

 

Pada satu sisinya terpasang dua lapis pagar benteng, di depannya terdapat parit air yang lebarnya 60 kaki dan kedalamannya 10 meter. Pagar benteng pertama memiliki ketinggian 25 kaki dengan ketebalan 10 meter. Pagar kedua memiliki ketinggian 40 kaki dengan ketebalan 15 meter dan terdapat beberapa menara penjaga yang tingginya 60 kaki.

 

Dalam sudut pandang militer, Konstantiopel menjadi kota dengan pertahanan terbaik di dunia. Upaya militer telah berulang kali mencoba menembus pertahanan tersebut namun mengalami kegagalan demi kegagalan, termasuk upaya yang dilakukan kaum muslimin. Sultan Al-Fatih terus berusaha menyempurnakan persiapan untuk menembus Konstantinopel.

 

Kamis, 6 April 1453 M, pasukan Utsmani yang dipimpin langsung oleh Sultan Al Fatih berhasil sampai di ujung Konstantinopel dengan membawa meriam. Perjalanan dilakukan dari Aderna dengan waktu tempuh selama dua bulan. Kemudian Al-Fatih mengumpulkan pasukan dengan jumlah kurang lebih 250.000 prajurit.

 

Sultan Al-Fatih menyampaikan khutbah yang mendorong mereka untuk berjihad merebut kemenangan atau gugur sebagai syuhada. Ia juga membacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan menyebutkan hadis-hadis Nabi yang berkaitan dengan penaklukan Konstantinopel. Berkaitan dengan keutamaan pasukan dan juga panglima yang memimpin penaklukan. Khutbah Sultan Al-Fatih disambut gemuruh tahlil, takbir dan doa.

Bersambung Serial Al Fatih : Serangan Besar di Konstantinopel

Penulis: daffa an-nuur

Editor: UmmA

Syaikh Ramzi Al-Munyawi. 2012. Muhammad Al-Fatih. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here