Sepenggal Episode Ditaklukkannya Al-Quds

0
56 views

Kiblatmuslimah.com – Pada abad kelima Hijriyah mulai terjadi kemunduran dunia Islam. Salah satunya adalah ditaklukkannya Baitul Maqdis (Al-Quds) oleh tentara salib Eropa. Jatuhnya Al-Quds ke tangan orang-orang salib menjadi pukulan berat umat Islam.

Menurut Ibnu Katsir, penaklukan Al-Quds terjadi pada tahun 492 H/1099 M, Jumat pagi, tanggal 23 Sya’ban. Pasukan Kristen datang dengan dua juta pasukan. Mereka kuasai kota Al-Quds, membuat kerusakan di sana-sini, merampok di sekitar Qubbah Sakhra’, serta membunuh warganya. (Al-Bidayah wan Nihayah: XII/156)

Al-Quds berada dalam cengkeraman tentara salib selama kurang lebih 92 tahun menurut hitungan Hijriyah atau sama dengan 88 tahun hitungan Masehi.

Tapi, semangat kaum muslimin untuk merebut dan membebaskan kembali Al-Quds dari kaum salib tidak pernah kendor. Kaum muslimin tidak bosan menunggu hari direbutnya kembali Al-Quds. Benar, penantian selama kurang lebih 90 tahun lamanya purna. Allah menyiapkan seorang pemimpin yang istimewa, tangguh, wara dan bertaqwa. Dialah Al-Malik An-Nashir, Shalahuddin Al-Ayyubi rahimahullah.

Kini, Al-Quds terjajah lagi oleh kaum yahudi. Sekarang kita menunggu kembali pembebas Al-Quds. Akankah kita mengalaminya? Semoga kita turut andil dalam menyiapkan pembebasan itu.

 

Penulis: Rieka wy

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here