Sejarah Madinah

0
67 views

Judul          : Sejarah Madinah

Judul Asli   : Fii Madiinah Ar-Rasul

Penulis        : Dr. Nizar Abazhah

Terbit          : 2009 – Oktober 2017

Tebal          : 509 halaman

Penerbit      : Dar Al-Fikr Damascus Syiria – PT Serambi Ilmu Semesta

Peresensi    : Alifia Fitriyani

Kiblatmuslimah.com – Buku sejarah seringkali dianggap membosankan. Bahasa yang baku dan terjemahan yang belum luwes menjadi salah satu penyebabnya. Dibandingkan novel, buku sejarah memang tak begitu dinikmati oleh kebanyakan pembaca kecuali bagi mereka yang memang hobi dengan cerita sejarah.

Berbeda dengan buku Sejarah Madinah ini. Di awal bab, akan disuguhi kisah berupa dialog oleh salah seorang sahabat Rasulullah yang menyambut kedatangan Baginda saat hijrah ke Madinah. Ia menceritakan gegap gempitanya penduduk Madinah dalam menunggu “Sang Rembulan” itu. Walau sebelumnya mereka diliputi kegelisahan, mengingat yang ditunggu tak kunjung datang. Dr. Nizar menyuguhkan buku ini dengan begitu apik, mudah dipahami dan setting latar maupun kondisi saat itu dijelaskan bak sebuah novel.

Pembaca tak akan menyangka bahwa tulisan ini adalah kisah sejarah, nyata. Kronologi tahun tak dijelaskan detail, namun ia unggul dalam bahasanya yang mampu membawa pembaca seakan berada di tempat yang dikisahkan, bersama mereka, saat dan detik itu. 

Buku sejarah ini tak sekadar menceritakan kisah hidup Rasul dalam membangun peradaban Islam di Madinah. Buku ini lebih menjelaskan strategi beliau, kebijakan yang diambil, berikut alasannya. Menganalisa setiap tindakan, titah dan ucapan Rasulullah dengan pengklasifikasian.  

Klasifikasi menurut penumbuhan tradisi keilmuan, kebijakan politik dalam dan luar negeri (ekspansi wilayah dan hubungan Internasional), sosial-psikologi dalam membangun interaksi antarwarga pribumi maupun pendatang, serta cara membangun ekonomi yang kuat di bawah kabilah yang masih berkuasa saat itu, Yahudi dan Kafir Madinah hingga mampu menyaingi mereka.

Buku yang direkomendasikan untuk semua kalangan meskipun sama sekali belum mengenal sejarah. Bahkan bisa dikatakan bacaan ringan, bisa pula berat bagi yang ingin menelaah setiap pesan penulisnya. Selamat membaca. Selamat menyelami kehidupan teladan terbaik sepanjang masa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here