Resensi: 5 Guru Kecilku Bagian 1

0
173 views

Judul          : 5 Guru Kecilku Bagian 1

Penulis       : Kiki Barkiah

Penerbit     : Mastakka Publishing

Peresensi  : Lulu

 

Kiblatmuslimah.com – Memang tak mudah menjadi orang tua, apalagi di zaman yang super canggih ini. Teknologi kian pesat, anak-anak juga lebih kritis. Orang tua semakin dituntut untuk pintar-pintar mengikuti perkembangan zaman. Namun, juga harus pandai dalam pengasuhan agar anak terus merasa nyaman dengan orang tuanya.

Kiki Barkiah sosok seorang ibu dengan lima orang anak. Tanpa saudara dan asisten rumah tangga. Berjuang membesarkan dan mendidik sang buah hati di negeri Paman Sam. Ia bukanlah seorang psikolog, tapi kisah-kisahnya yang dibagikan dalam buku berjudul “5 Guru Kecilku” ini mampu memberi hikmah yang bisa dijadikan pelajaran bagi setiap orang tua.

Teh Kiki, begitu beliau akrab disapa, merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro (salah satu jurusan yang memiliki passing grade tertinggi se-Indonesia). Selain itu, ia juga seorang aktivis dakwah dengan seabrek kegiatan. Kesemuanya ia lepaskan demi mengemban amanah mulia menjadi seorang istri dan ibu.

Belum lagi, salah seorang anaknya bukan merupakan anak kandung (kebetulan beliau menikah dengan seorang duda yang telah memiliki anak satu). Dari pernikahan mereka sendiri lahir empat anak, yaitu; Syahidatush Shafiyah, Syahidan Ash-Shiddiq, Syahidan Al-Faruq, dan Muhammad Fatih Ar-Rasyid. Demikian nama anak-anak mereka yang juga tampak di sampul buku ini.

Terdapat 35 kisah dalam buku setebal 241 halaman ini. Mulai dari kisah Teh Kiki mendidik kelima anaknya untuk saling menyayangi dan menguatkan sesama anggota keluarga. Cara beliau mendidik anak melalui home schooling. Penanaman nilai Islam melalui kegiatan sehari-hari. Kisah dalam memberikan pendidikan seks pada anak. Hingga bentuk kerja sama suami istri dalam pengasuhan anak. Dari buku ini, saya banyak belajar tentang penerapan teori parenting.

“Repot urusan anak di usia dini itu pasti. Repot urusan anak di usia dewasa itu pasti ada yang salah. Repot urusan anak di negeri akhirat itu pasti merugi.” (Kiki Barkiah)

Bagi para orang tua, buku ini cukup direkomendasikan. Kisah-kisah Teh Kiki barangkali bisa dijadikan pelajaran dalam mendidik anak. Mendidik anak dengan cara-cara yang kreatif dan tidak kasar. Menumbuhkan kesabaran sebagai ibu. Sampai pembagian tugas dalam mendidik anak yang sejatinya bukan hanya menjadi tugas ibu. Namun, juga tugas seorang ayah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here