Pilihlah Lingkungan Terbaik untuk Anakmu

0
72 views

Kiblatmuslimah.com – Salah satu kewajiban utama orang tua kepada anaknya adalah memberikan perlindungan dan lingkungan yang tepat bagi mereka. Jika diartikan, perlindungan dan lingkungan yang tepat memiliki cakupan yang amat luas.

Dewasa ini, kedua hal tersebut tidak cukup didapat dari mengawasi dan menjaga anak untuk tetap tinggal di rumah. Karena bisa jadi, rumah Anda yang nyaman dengan segala fasilitas terbaik justru membuat anak-anak berada dalam zona bahaya.

Mereka bertumbuh sebagai pribadi yang serba tercukupi dan hidup nyaman di rumah. Sehingga ada rasa enggan untuk keluar membangun kepedulian pada sesama. Apalagi untuk memenuhi panggilan jihad.

Bukankah segala sesuatu yang mudah dan nyaman itu akan melenakan?

Anak layaknya sebuah bangunan. Pondasi dan material penyusunnya sangat tergantung pilihan orang tua sebagai arsitek sekaligus tukang bangunannya. Pemilihan lingkungan yang tepat sesuai syariat, sangat dibutuhkan oleh anak sejak dini.

Dimulai dari keseharian keluarga yang mencerminkan ketaatan pada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah. Hingga mempersiapkan mereka mampu berjuang dan beradaptasi di luar melalui pendidikan pesantren.

Karakter anak juga sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Sudah keharusan bagi orang tua untuk mampu memberikan lingkungan terbaik pada anak. Bagi orang tua yang ingin anak-anaknya menjadi penghafal Al-Qur’an, tempat terbaik adalah mengirim mereka ke sekolah-sekolah asrama atau pesantren menghafal Al-Qur’an. Di sana mereka akan terbiasa berkumpul dan mendengarkan lantunan ayat suci.

Selain itu, pesantren juga akan memberikan pengalaman belajar yang sangat berharga bagi anak untuk proses menuju masa depan mereka.

Jangan pernah khawatir berlebihan saat anak-anak kita mulai keluar dari rumah dan bermukim di pesantren. Percayakan dan titipkan mereka kepada Allah yang sejatinya pemilik sesungguhnya dari anak-anak kita. Cukup pilihkan tempat belajar terbaik sebagai lingkungan baru mereka dan pasrahkan semua kembali pada Allah.

 

Penulis: Ekadeffa

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here