Perjalanan Menjemput Ajal

0
219 views

Judul Asli: Ad-Dunya Zillun Za’il Kafa bil Mauti Waizhan Husnul Khatimah

Penulis: Abdul Malik bin Muhammad Al-Qasim

Penerjemah: Burhan Sodiq, SS, Tengku Azhar dan Nurrohim

Penerbit: Pustaka Arafah, Solo

Cetakan: I, Desember 2004

Peresensi: Ihya

 

Kiblatmuslimah.com – “Kita adalah pengembara di kehidupan dunia, suatu hari perjalanan kalian akan berakhir dan kita harus turun”.

 

Di dunia ini, tak ada kepastian yang lebih niscaya melebihi kematian. Tetapi gemerlap dunia menyilaukan mata hati, membuat kita terlena, bahkan tersesat. Padahal, seluruh angan dan ambisi manusia hanya akan dibatasi satu kata yaitu “ajal”. Pemutus segala kenikmatan dunia yang akan menentukan status liang kuburnya. Apakah menjadi sepetak taman surga atau justru menjelma sepercik api neraka?

 

Tetapi kita memang mengherankan. Membangun kehidupan dunia padahal akan kita tinggalkan. Merobohkan bangunan akhirat, padahal di situ kita akan tinggal selamanya. Segalanya dikerahkan untuk meraup sekeping kenikmatan dunia yang tak lebih dari sekedar air yang menetes dari jari yang baru diangkat dari samudra, bila dibanding samudra itu sendiri.

Padahal dunia adalah fatamorgana dan di sana kita semua bernaung, menanti ditiupnya peluit kematian. Akhir babak kehidupan di dunia yang penuh  dengan tipu daya, kita yang menentukan. Apakah ajal kita menjadi proses membahagiakan bernama Husnul Khatimah atau tragedi memilukan bernama Suul Khatimah? Ajal itu pasti dan husnul khatimah adalah pilihan.

 

Wahai manusia, panah kematian ditujukan ke dadamu. Sehingga waspadailah ia!

Jebakan harapan dipasang di depanmu, sehingga hati-hatilah dengannya!

Ujian kehidupan telah mengelilingimu, maka hindarilah kegagagalan di dalamnya!

Jangan tersesat dengan kondisi baikmu, karena ia akan lenyap.

 

Wahai orang yang tertipu, kematian merupakan janji yang paling benar, penguasa yang paling adil. Cukup ia sebagai peluka bagi hati, membuat menangis mata, memisahkan diri dari perkumpulan, memecah kenikmatan dan memupus angan-angan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here