Percantik Hatimu….

0
250 views

Kiblatmuslimah.com – Hati adalah salah satu anggota tubuh yang kelak akan dilihat oleh Allah. Di sanalah letak amalan batin yang tidak terlihat oleh manusia tapi hanya bisa dilihat oleh Rabb yang menciptakannya. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah dalam hadistnya,

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Abdirrahman bin Syahrin radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, ‘Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada tubuh kalian dan tidak pula kepada rupa kalian, tetapi Dia melihat kepada hati kalian.” (HR. Muslim)

Hadist tersebut memberikan pesan kepada kita tentang begitu pentingnya mempercantik hati.

Di zaman penuh fitnah sekarang, banyak para wanita yng berlomba untuk mempercantik rupanya, sehingga kecantikan yang seharusnya ditutupi menjadi konsumsi publik. Apalagi di era sosmed seperti sekarang, wajah para muslimah begitu mudah untuk ‘dinikmati’. Bahkan tidak ketinggalan yang sudah diberi hidayah oleh Allah untuk menutupi wajahnya, tidak terlepas untuk memposting kecantikan dengan cadarnya.

Inilah fonemena zaman now. Para wanita muslimah berlomba-lomba untuk terlihat cantik di hadapan manusia. Lupa untuk terlihat cantik hatinya di hadapan Allah. Sebenarnya tidak ada salahnya wanita muslimah untuk mempercantik wajahnya, bahkan dianjurkan ketika itu bertujuan untuk menyenangkan hati suami. Namun tetap, kecantikan hati jauh lebih penting.

Apalah arti kecantikan ketika kecantikan tersebut tidak menambah ketaatan kepada Rabb kita? Begitu banyak orang yang kecantikannya tidak perlu diragukan, tapi ternyata kecantikan rupa tidak sebanding dengan kecantikan hatinya. Begitu banyak para muslimah yang terjerat dengan penyakit-penyakit hati yang membuat hati tersebut menjadi buruk rupa. Menghadiri majelis ilmu merupakan solusi untuk mengetahui hal-hal yang membuat hati menjadi cantik.

Dengan rajin menghadiri majelis ilmu, menjadi salah satu cara untuk mempercantik hati. Karena di dalamnya terdapat ilmu-ilmu yang berkaitan dengan keimanan kepada hari akhirat. Dengan mengingat akhirat maka hati tersebut akan senantiasa takut kepada Allah yang merupakan salah satu ciri yang dimiliki oleh hati yang cantik.

Hati yang cantik adalah hati yang memiliki sifat-sifat yang luar biasa. Hati yang senantiasa ridha dengan ketetapan Allah, sabar, takut, ikhlas, cinta dan benci karena Allah. Sementara hati yang buruk rupa adalah hati yang senantiasa diisi dengan sifat iri, dengki, berburuk sangka kepada Allah, senantiasa tidak ridha dengan ketetapan Allah dan tidak memiliki sedikitpun rasa ikhlas dalam beramal.

Semoga kita menjadi muslimah yang sibuk untuk mempercantik hati. Agar kelak dengan hati yang cantiklah kita bertemu dengan Allah. Hati yang jauh dari sifat-sifat buruk yang mengantarkan kepada murka Allah.

Percantik hatimu, agar terpancar indah di wajahmu.

 

Penulis: Syifa Azzahra

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here