Muslimah Berjihad! Peran Muslimah dalam Medan Jihad

0
165 views

Judul Buku: Muslimah Berjihad! Peran Muslimah dalam Medan Jihad

Penulis: Syaikh Yusuf Al-Uyairi, et al

Penerbit: Media ISLAMIKA

ISBN: 978-979-25-9298-6

Ukuran: 134 hlm; 205 cm

Presensi: PramudyaZeen

 

Kiblatmuslimah.com – Buku ini seolah menabrak aturan baku muslimah. Muslimah seharusnya menjaga keluarga dan fokus pada pendidikan anak. Sehingga tidak keluar rumah, apalagi jihad dengan senjata.

Namun sejarah para shahabiyah berkata lain. Tengoklah Ummu Athiyyah Al-Anshriyyah, dalam perkataannya, “Aku telah ikut berperang bersama Nabi Muhammad SAW dalam tujuh peperangan. Aku tertinggal perjalanan bersama mereka. Maka aku buatkan mereka makanan, mengobati yang terluka dan mengurusi orang yang sakit.” (HR. Muslim)

Ada pula kisah Ar-Rabi binti Mu’awwid, dia berkata, ”Kami ikut berperang bersama Nabi, memberi minuman dan mengobati yang sakit, juga membawa yang terbunuh ke Madinah.” (HR. Bukhari)

Lalu bagaimana para shahabiyah tersebut bisa berjihad? Padahal bunda Aisyah pernah berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apakah atas wanita ada kewajiban jihad?” Beliau menjawab, “Ya. Bagi wanita ada kewajiban jihad tanpa perang, yaitu haji dan umrah.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad, Shahih)

“Wahai Rasulullah, kami melihat jihad itu seutama-utamanya amal. Apakah kami tidak ikut berjihad?” Beliau menjawab, “Bagi kalian ada jihad yang paling utama yaitu haji mabrur.” (HR. Bukhari)

Lalu bagaimana mendudukkan hal ini?

Ada beberapa sisi negatif bila seorang wanita masuk dalam pasukan kemiliteran. Di antaranya, terjadinya yang diharamkan. Karena gabungnya wanita dalam sebuah pasukan tentara akan membuka pintu hubungan yang diharamkan antara laki-laki dan perempuan. Sebagaimana yang terjadi dengan keharaman ikhtilath dan keharaman lainnya. Kedua, membantu menyebarkan kerusakan di masyararakat. Ikhtilath itu sendiri cara yang cepat tersebarnya kerusakan di masyarakat. Masih banyak penjelasan di buku ini dalam sisi negatifnya.

Buku ini menangkap jelas peran muslimah dalam kancah jihad. Kontribusi mereka dalam medan jihad tidak bisa dianggap sebelah mata. Kisah-kisah mujahidah sejati sejak zaman Nabi sampai jihad modern yang dicuplik di buku ini menjadi penguat akan hal itu.

Akan kita dapatkan gambaran pendapat dari berbagai madzhab seputar jihadnya seorang wanita dalam buku ini. Semua dikupas mendalam, aktual dan dengan pembahasan yang ilmiah. Selamat membaca!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here