Menyusui Menurunkan Risiko Diabetes pada Wanita

0
140 views

Kiblatmuslimah.com – Berbicara manfaat menyusui, ternyata tidak hanya bayi saja yang mendapat manfaatnya. Perlu diketahui banyak sekali pihak yang akan diberi manfaat dari menyusui itu sendiri. Pihak yang mendapat manfaat setelah bayi yang menyusu adalah si ibu sendiri yang memberikan ASI.

Di antara manfaat menyusui antara lain dapat membantu menurunkan berat badan ibu dan menjadi KB alami. Tidak cukup sampai di situ saja. Berdasarkan penelitian, menyusui juga telah dikaitkan terhadap berkurangnya risiko diabetes pada ibu.

Diabetes adalah penyakit gangguan metabolisme yang mempengaruhi insulin atau cara sel tubuh dalam bereaksi terhadap insulin, sehingga menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Sayangnya, diabetes merupakan penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Dalam jangka panjang, diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti ginjal, mata, jantung, saraf, dan luka pada kaki.

Berdasarkan penelitian dari Australian National University pada wanita yang berusia di atas 45 tahun. “Wanita yang aktif menyusui di usia mudanya, yaitu sekitar usia 20 sampai 30-an tahun dan bahkan di awal usia 40 tahun dapat mengurangi risiko diabetes”,  jelas profesor Emily Banks.

Aktivitas menyusui telah diketahui dapat membantu mengurangi lemak di perut dan bermanfaat dalam menurunkan berat badan setelah melahirkan. Lemak yang menumpuk merupakan faktor resiko diabetes.

Penemuan tersebut menambah daftar manfaat menyusui pada ibu. Menyusui bayi dapat menurunkan tingkat stres dan mengurangi kesempatan perkembangan kanker payudara, rahim, ovarium, serta dapat mengurangi risiko diabetes.

 

Sumber: Majalah Sakinah

Penulis: Izni Fathimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here