Mencintai sebagaimana Pasangan Ingin Dicintai

0
161 views

Kiblatmuslimah.com – Setiap orang memiliki “bahasa cinta” untuk mengekspresikan perasaannya pada pasangan. Karena itulah, masing-masing orang punya cara tersendiri dalam menyampaikan rasa cinta tersebut.

Dr. Gary Chapman, antropolog sekaligus konsultan pernikahan, menulis buku berjudul “The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts.” Menurutnya, bahasa cinta setiap orang biasanya sudah terbentuk saat masih bayi. Ketika orang tua sudah mulai mengenalkan pada bayi mereka, apa itu cinta dengan cara mereka masing-masing.

Sehingga, saat dewasa, mereka  mengharapkan orang lain bisa mengungkapkan rasa cintanya sebagaimana ia merasakan dan menerimanya.

Chapman menjelaskan, ada lima bahasa cinta yang masing-masing memiliki keunikan. Yuk, kenali bahasa cinta pasangan, agar makin lope-lope dengan pasangan halal kita!

  1. Words of affirmation, yaitu kata-kata yang manis, menyenangkan dan mendukung. Misalnya, I love you, kangen, menyebut pasangan sayang, cantik/ganteng, kata-kata mesra nan romantis, pujian, dan lainnya. Perlu dingat, untuk tidak meledeknya atau berkata kasar/buruk di hadapannya apalagi di depan publik, dia akan sangat sedih dan merasa tidak dicintai.
  2. Acts of service, yaitu ungkapan cinta dalam bentuk melakukan sesuatu dan melayani pasangan. Acts speaks louder than words. Bahasa cinta tidak diekspresikan dengan kata-kata, tetapi terungkap dalam perilaku berupa tindakan atau pelayanan sebagai bentuk perhatian. Misalnya, membawakan tas atau barang-barang milik pasangan, membuatkan minuman dan makanan kesukaan, menyiapkan pakaian, dan tindakan pelayanan lainnya yang menunjukkan perhatian.
  3. Receiving gifts, yaitu menerima hadiah dianggap sebagai hal yang penting. Bahasa cinta ini bukan berarti materialistis, melainkan perasaan senang karena pasangan begitu memikirkan apa yang ia inginkan dan memberi kejutan yang membahagiakan. Hadiah kecil sekalipun bisa dianggap bermakna karena ia menganggap pasangannya mengingat dirinya. Baginya, rasa cinta dan perhatian terekspresikan lewat pemberian hadiah tersebut. Kalau sedang bepergian jauh, jangan sampai lupa membelikannya oleh-oleh.
  4. Quality time, yaitu tersedianya waktu untuk bersama/tetap terhubung dengan pasangan. Bisa membersamai dan melakukan kegiatan yang melibatkan pasangan adalah hal yang paling dibutuhkan. Beraktivitas berdua dengan pasangan merupakan ekspresi cintanya. Sekedar berada dekat dengan pasangan pun sudah dapat membuatnya merasa nyaman. Tipe ini juga inginnya stay connected dengan pasangan, karena dia ingin memiliki waktu spesial berdua meski berjauhan. Pasangan juga membutuhkan waktu khusus yang diberikan sebagai bentuk perhatian. Misalnya, dengan menyempatkan mengobrol setiap hari atau video call saat berjauhan. Pastikan untuk menjaga kontak mata saat dia sedang bercerita atau berkomunikasi langsung dengannya.
  5. Physical touch, yaitu sentuhan fisik. Genggaman tangan, pelukan, kecupan dan sentuhan merupakan pesan cinta yang sangat berarti. Bagi pasangan dengan bahasa cinta ini, sentuhan fisik adalah ungkapan cinta yang mereka nantikan dan butuhkan. Pasangan sangat menikmati belaian dari pasangannya, sebagai bentuk perhatian dan cinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here