Membangun Kebiasaan

0
233 views

Kiblatmuslimah.com – Seorang anak berusia 18 bulan senang sekali membuka dan menutup laci di rumahnya. Karena menutupnya lebih mudah maka ia sangat senang jika sang ibu membuka salah satu laci. Ia akan bersegera datang dan mendorong laci tersebut dengan kedua tanganya. Hampir semua laci yang ada di rumahnya pernah ia coba menutupnya.

Suatu kali si anak menutup laci terbawah bukan dengan tangannya melainkan dengan kakinya. Si ibu kaget, tapi kemudian tersadar bahwa dirinya memang biasa menutup laci dengan kakinya jika sedang dalam keadaan terburu-buru. Ia sudah berusaha selalu menggunakan tangan, namun seringkali lupa, reflek menutup laci dengan kaki.

Mengubah kebiasaan yang sudah berlangsung lama memang tidak mudah. Maka dari itu pembiasaan pembiasaan positif harus dilakukan sejak dini. Pendidikan dan pengasuhan di awal kehidupan anak sangat penting. Berbicara tentang pendidikan karakter, sesungguhnya harus dimulai sejak dini dengan pembiasaan positif dan dilakukan secara simultan baik di sekolah maupun rumah.

 

Sania

Pustaka: Ida S. Widayanti. 2013. Catatan Parenting 2: Bahagia Mendidik, Mendidik Bahagia. Jakarta: Arga Tilanta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here