Mau Tahu tentang Mint dan Manfaatnya?

0
227 views

Kiblatmuslimah.com – Tanaman mint mempunyai nama lain Na’Na’ dan Penny Royal Liar. Dia adalah sahabat jantung. Tanaman mint termasuk herba perenial yang tingginya bisa 10-60cm. Tanaman mint mempunyai batang tegak atau merambat. Bentuk daunnya oval, pinggir-pinggirnya bergerigi cukup tajam dan daunnya diselimuti bulu-bulu halus.

Tanaman mint yang tumbuh secara liar kini telah dikembangkan di Cina, Asia, Eropa, India dsb. Tanaman mint bisa digunakan dengan cara dikeringkan, dalam keadaan masih segar atau air mint yang telah disuling.

Tanaman mint beraroma sangat wangi dan pedas. Biasanya digunakan oleh orang Asia dan Eropa sebagai bumbu masak atau minuman yang menyegarkan.

Tanaman mint juga digunakan sebagai obat, yaitu pada bagian daun dan batang yang lunak.

Sifat tanaman mint yaitu dingin dan mempunyai rasa yang pedas.

Kenapa Mint sebagai Sahabat Jantung?

Karena mint memainkan peran dalam memperlancar saluran-saluran darah kecil di dalam jantung, membuat kerja jantung menjadi rileks dan bekerja secara efektif melegakan sesak napas.

Apa Saja Manfaat Mint?

Daun mint yang telah dikeringkan/dalam keadaan segar/air mint yang telah disuling diseduh sebagai teh atau campuran teh sangat berkhasiat untuk gangguan empedu dan sakit karena batu empedu, meredakan mual dan mulas pada usus, wanita yang sakit saat haidh.

Mint tidak beracun dan sangat sejuk, sehingga menjadi pilihan untuk mengobati anak-anak yang bermasalah dengan pencernaan dan menjadikannya nyaman dan rileks ketika sakit flu dan demam biasa. Mint menghilangkan perut mulas, mual dan kembung pada anak-anak.

Mint juga membantu anak-anak hiperaktif menjadi tenang jika sudah tidak mengkonsumsi “minuman ringan” yang mengandung gula dan kafein tinggi

Mint juga bisa dibuat minyak. Minyaknya digunakan untuk meredakan sakit pada urat-urat syaraf, reumatik dan peradangan pada persendian tubuh.

Tapal mint yang terdiri dari mint dan cuka (acetic acid), berkhasiat untuk mengobati peradangan payudara.

Beberapa varietas dari mint khususnya Pepermint (Mentha Piperita) secara ilmiah terbukti dapat menghambat dan membunuh mikroba patogen, seperti influensa A, herpes simplex, virus gondok, streptococus, staphylococus dan Candida albicans.

Kontraindikasi

Mint juga mempunyai kontraindikasi bagi orang sedang kedinginan akut dan kelelahan yang sangat. Jadi sesorang yang menderita sangat kedinginan dan kelelahan untuk menghindari konsumsi tanaman mint.

Masya Allah ternyata banyak sekali manfaat dari mint dan kita pun bisa menanamnya di rumah kita.

 

Sumber:

Syaikh Muhammad Ash-Shayim. 2006. 30 Tumbuhan Pilihan Sehat Alami secara Islami. Cetakan I. Penerjemah: Syukur Abu Wafi. Solo: Pustaka Arafah.

Daniel Reid. Kamus Pintar Obat Cina. 2013. Yogyakarta: Diva Press.

http://www.akarwangi.com/2017/11/mau-tahu-tentang-mint-dan-manfaatnya.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here