Masuknya Portugis ke Wilayah Nusantara (Bagian 1)

0
104 views

Kiblatmuslimah.com – Portugis melakukan ekspedisi menuju wilayah Asia di bawah kepemimpinan Vasco de Gama. Pada tahun 1498, sampailah di India dengan mengorbankan harta benda hingga nyawa. Tahun 1499, mereka bertolak kembali ke negerinya. Menghasilkan rute perdagangan laut dari Eropa ke India tanpa melewati Jalur Sutera yang terbilang berbahaya.

 

Tahun 1502, untuk kedua kalinya Vasco de Gama ke India. Dengan membawa 20 armada kapal perang, mereka memaksa masyarakat India menerima cara dagang ala Portugis. Adapun yang melawan, seperti kota Calicut, akan ditembaki.

 

Salah satu motif ekspedisi ini adalah mencari negara penghasil rempah-rempah. Setelah diketahui bahwa India bukan negara penghasil rempah-rempah, ekspedisi kembali berjalan semakin ke timur.

 

Tahun 1509, pasukan Vasco de Gama pertama kali menginjakkan kaki di wilayah Nusantara. Seperti yang dipelajari dalam pelajaran Sejarah, motif penjajahan Portugis di Indonesia adalah 3 G (Gold, Glory, dan Gospel).

 

Gold  berarti emas, yaitu motif ekonomi, mengambil rempah-rempah yang merupakan komoditas terpenting dari pusatnya. Glory artinya kejayaan, yaitu menghancurkan kekuasaan negeri-negeri Islam. Dengan menemukan pusat rempah-rempah, mereka akan meruntuhkan kekuasan perdagangan Asia-Eropa yang pada saat itu adalah bangsa Turki. Gospel yaitu motif agama, menyebarkan agama Kristen.

 

Tahun 1511, Alfonso d’Albuquerque berhasil menduduki Malaka. Dengan semangat perang salib yang masih membara, bangsa Portugis menganggap penganut Islam sebagai bangsa Moor dan harus diperangi. Alfonso melakukan penjarahan dan penangkapan kapal orang Islam yang ia temukan di antara Goa dan Malaka.

 

Malaka akhirnya jatuh ke tangan Portugis. Namun tiga kerajaan bangkit dan tetap mengibarkan bendera Nabi Muhammad di kepulauan Nusantara. Tiga kerajaan tersebut adalah kesultanan Aceh, Demak, dan Nusantara.

Bersambung Masuknya Portugis ke Wilayah Nusantara (Bagian 2)

Penulis: Daffa An-Nuur

Editor: UmmA

Referensi: Ust. Isa Anshari. 2017. Sengsara Tiba karena Riba. Majalah Islam Ar-Risalah. Edisi 197, halaman: 46-47.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here