Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil

0
46 views

Kiblatmuslimah.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, rahmat dan ampunan. Tak jarang seorang ibu hamil pun ingin menjalankan ibadah wajib tersebut. Walau ada kondisi tertentu yang tidak mewajibkan seorang ibu hamil untuk berpuasa.

Secara nalar manusia, puasa pastinya akan sangat berpengaruh dengan kondisi kehamilan. Ya, memang benar bila puasa tanpa aturan dan gizi yang tepat.

Seorang ibu hamil yang sehat boleh melakukan ibadah puasa, dengan syarat ibu dan bayi sehat, serta memperhatikan gizi pada makanan yang dikonsumsi terutama saat sahur. Bila ragu-ragu untuk melakukan puasa atau tidak, ada baiknya konsulkan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan.

Terlepas dari risiko kehamilan yang mungkin akan terjadi, ternyata puasa saat hamil mempunyai manfaat untuk si ibu. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak di bawah ini:

  1. Terhindar dari kelebihan berat badan

Seorang ibu hamil pasti merasakan perutnya selalu lapar dan ingin makan. Dengan berpuasa maka berat badan akan lebih terkontrol. Saat puasa, makan hanya di waktu sahur dan berbuka.

  • Memperbaiki kerusakan di dalam tubuh

Ketika berpuasa, sel-sel di dalam tubuh akan membersihkan sisa-sisa kotoran dan memperbaiki sistem metabolisme tubuh yang rusak.

  • Mengurangi risiko penyakit diabetes

Puasa bisa membantu menurunkan kadar gula darah dan insulin, yang sering menjadi pemicu penyakit diabetes, termasuk diabetes dalam kehamilan

  • Menjaga kesehatan jantung

Puasa bisa membantu mengurangi risiko sejumlah penyakit, misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit jantung.

Demikian manfaat yang diperoleh ibu hamil jika berpuasa. Tetapi perlu diingat bila kondisi saat puasa begitu lemas, pucat, sangat kehausan dan gerakan janin berkurang, lebih baik segera istirahat dan batalkan puasa. Kemudian kontrolkan kehamilan. Bisa jadi asupan nutrisi saat sahur kurang memadai.

Penulis: Fauza Rochmanita

Sumber: https://www.alodokter.com/ketahui-risiko-dan-manfaat-puasa-bagi-ibu-hamil-di-sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here