Manfaat Jahe

0
72 views

Kiblatmuslimah.com – Jahe (ginger) merupakan tanaman rimpang yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Keberadaannya yang gampang ditemui di berbagai daerah menjadikan populer sebagai bahan minuman. Seperti wedang ronde, sekoteng, bandrek dan lain sebagainya.

Manfaat jahe untuk kehidupan ternyata sangat banyak mulai dari masalah lambung, kepala pening, tubuh lemas serta manfaat lainnya. Si rimpang jahe juga tersebut dalam Alquran. Salah satu ayat Alquran menyebut jahe sebagai bahan campuran minuman di surga. “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe,” (QS. Al-Insan: 17).

Dari banyaknya manfaat jahe untuk kesehatan, ternyata jahe juga ampuh untuk mengatasi morning sickness. Morning sickness adalah keadaan mual muntah di pagi hari yang dialami oleh ibu hamil di awal kehamilan.

Kemudian, bagaimana caranya menggunakan si rimpang jahe ini dalam mengatasi morning sicknes? Sebenarnya tidak ada cara khusus mengonsumsi jahe dalam mengatasi morning sickness. Jahe bisa dinikmati dari seduhan air hangat, permen jahe atau minuman kemasan yang terjual di toko-toko kebanyakan.

Cara kerja jahe dalam mengatasi mual adalah dengan merelaksasikan otot-otot lambung yang berkontraksi sehingga reda. Kandungan pada jahe juga memberikan efek tenang pada tubuh.

Secara efektivitas, jahe dalam meredakan morning sickness ini tidak sepenuhnya 100%. Akan tetapi, sejumlah penelitian menunjukkan perubahan yang signifikan antara ibu hamil yang diberi jahe dengan yang tidak. Mual muntah berkurang semenjak ibu hamil mengonsumsi jahe.

Penulis: Fauza R

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here