Manfaat Berkuda

0
80 views

Kiblatmuslimah.com – Peneliti Tokyo University of Agriculture menemukan data bahwa menunggang kuda dengan duduk di pelana dapat mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan memori.

 

Mereka mengamati efek dari menunggang kuda pada anak-anak. Lalu  membandingkan hasil tes kemampuan otak anak-anak sebelum dan sesudah berkuda. Anak-anak yang berkuda mengalami peningkatan dalam pembelajaran, memori dan pemecahan masalah. Peneliti mengklaim, rutin berkuda pun dapat membuat anak lebih cerdas dan unggul di sekolahnya.

 

Selain berdampak besar pada anak, berkuda juga baik untuk wanita. Ketika mendengar kata “wanita” pasti yang muncul dalam benak adalah makhluk istimewa dengan kelemahlembutan dan keanggunannya.

Wanita berkuda tentu saja akan menginspirasi anak-anaknya. Karena mereka adalah madrasatul ula (tempat belajar pertama) yang akan mendidik dan mengajari anak-anaknya, serta menjadi inspirasi dan teladan bagi mereka. Selain itu, berkuda juga memiliki banyak manfaat bagi  wanita. Begitu juga dengan pria, selain terlihat lebih macho dan keren.

Berkuda sangat banyak manfaatnya, yuk kita kupas satu per satu:

  1. Melatih Keberanian dan Percaya Diri

Banyak pemula yang awalnya takut terhadap kuda. Mau menyentuh saja tidak berani. Apalagi sampai diminta naik dan mengendarainya. Berlatih berkuda secara konsisten juga melatih diri kita lebih berani karena kita akan berada di atas pelana hewan yang sebelumnya hanya kita lihat di jalan dengan pak kusir.

 

Mengendarai kuda yang lari itu bukan hal sepele. Kadang, bagi pemula, kuda jalan saja sudah terasa mau jatuh sehingga membuat jiwa kita takut. Tetapi kalau sudah terbiasa, akan enak sekali dan membuat candu karena ingin menaikinya lagi. Kita juga jauh lebih percaya diri ketika kita rutin berkuda.

 

  1. Meningkatkan Stamina dan Kesehatan

Berkuda memiliki cara berpegangan yang unik. Ketika berkuda, betis dan lututlah yang dijadikan sarana pegangan. Jepitan itu seperti memeluk badan kuda namun menggunakan betis dan paha. Bagi yang belum terbiasa, aktivitas menjepitnya saja sudah benar-benar menguras tenaga dan stamina. Kalau sudah bisa menjalankan kuda dan mengajak kuda berlari, kita masih bisa tetap bertahan di atas kuda dengan jepitan lutut, betis dan kaki yang kuat.

 

Lebih jauh dari itu berkuda juga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh, melatih keseimbangan otot dan tubuh, mencegah keram di otot dan dapat memperbaiki struktur punggung. Gerakan kuda dan gerakan duduk di atas kuda membuat tulang punggung bergerak secara dinamis.

 

  1. Mengajarkan Leadership dan Team Work

Memimpin siapa? Memimpin  kuda yang kita naiki. Team Work dengan siapa? Tentu dengan kuda yang kita naiki. Kalau Anda tidak memiliki skill leadership yang bagus, tentu akan susah sekali menjaga agar kuda bisa lari dengan ritme yang stabil. Bila sudah mahir, kuda akan benar benar berlari dan berhenti sesuai dengan alur kepemimpinan kita.

Kuda bukan alat yang dapat kita perlakukan sesuka hati. Kuda merupakan partner kita, maka sudah sepantasnya kita bekerja sama dengan kuda untuk mencapai sesuatu, entah gerakan atau tempat yang dituju. Kita tidak bisa bekerja sendiri di atas kuda, untuk itu butuh team work bersama kuda.

  1. Belajar Kesabaran

Kadang kuda mood-nya kurang pas. Kita harus bersabar, tidak boleh memaksa kuda. Sabar sampai kuda bisa kita ajak kerja sama berolahraga bersama. Lalu, berlatih kuda juga butuh kesabaran. Butuh rutin datang, mau men-challenge diri agar bisa melalui tahapan belajar sesuai kurikulum yang sudah disiapkan oleh pelatih.

 

Untuk mencapai keberhasilan dalam berkuda, dibutuhkan pelatih yang sabar memotivasi, melatih dan menemani belajar. Pelatih yang berpengalaman dalam hal berkuda.

  1. Melatih Keseimbangan Manusia

Kalau tidak seimbang, baru naik kuda saja, bisa limbung lalu kemudian mau jatuh. Tetapi, dengan metode pelatihan yang intensif, pelan-pelan Anda bisa seimbang di atas kuda. Bisa seimbang tetap berada di atas kuda walau kudanya berlari-lari.

 

  1. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Berkuda memaksa kita melakukan koordinasi banyak hal. Kaki sebagai sarana pegangan dengan kuda, tangan sebagai kendali kuda, dan pikiran fokus agar tetap menjaga ritme berjalan atau berlarinya kuda. Gagal mengkoordikasikan semua itu, kuda dan Anda jadi tidak nyaman berkendara.

 

Drh. Arya Pradana Wicaksana, M.Vet menyebutkan, berkuda membantu merangsang dan mengencangkan otot karena hampir semua tubuh ikut bergerak. Tak hanya membakar kalori, berkuda juga menyebabkan postur tubuh menjadi tegak. Manfaat berkuda yang didapat:

  1. Membuat postur tubuh menjadi tegak
  2. Membentuk pinggul
  3. Membantu menekan depresi
  4. Mencegah astigmatisme
  5. Mengurangi risiko penyakit jantung.

Jadi mau keren dan punya badan yang bagus dari berkuda? Cobalah olahraga ini minimal 45 menit dalam sepekan. Dan rasakan kenikmatannya!

 

Sumber: Modul Kampus Kuda Klaten

Penulis: Mahayanti Khusnul Khotimah

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here