Khasiat Si Naga Merah

0
712 views

Kiblatmuslimah.com – Pasti teman-teman gak asing ya dengan si buah satu ini? Si buah naga merah yang merona. Mungkin di antara kita banyak  yang suka dengan si buah naga merah, karena rasanya yang segar ini. Si buah naga merah ini, selain rasanya yang segar juga banyak khasiatnya lho untuk kesehatan tubuh kita.

Nama asli dari buah ini sendiri sebenarnya adalah buah Pitaya. Buah naga ini bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis, di wilayah Amerika dan Asia. Pohon buah naga sendiri seperti kaktus yang berduri. Buahnya berwarna merah merona dengan daging buah yang putih dan juga biji yang hitam.

Buah naga sendiri memiliki nama ilmiyah ceraus, acanthocereus, selenicereus, escontria, myrthilloctus.

Buah naga juga dikenal sebagai: pitiya, dragon fruit, red pitahaya, night blooming cereus, strawberry pear, belle of the night, conderella plant.

Nilai gizi dari 100gr buah naga adalah:

Air 80-90 gram

Asam askorbat (vitamin C) 4-5 mg

Ash (abu) 0,4-0,7 gram

Kalsium 6-10 mg

Kalori 35-50

Karbohidrat 9-14 gram

Karoten (vitamin A) traces

Lemak 0,1-0,6 gram

Serat 0,3-0,9 gram

Iron 0,3-0,7 mg

Niacin (vitamin B3) 0,2-0,45 mg

Fosfot 16-36 mg

Protein 0,15-0,5 gram

Thiamine (vitamin B1) traces

Riboflavin (vitamin B2) traces

 

Manfaat buah naga untuk kesehatan:

Meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga kaya akan vitamin C dan serat yang bermanfaat bagi tubuh

Membantu proses pencernaan. Karena buah naga kaya akan serat.

Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes militus tipe II.

Mencegah terbentuknya sel kanker akibat radikal bebas. Mineral dan serat yang terkandung di dalam buah naga membantu membersihkan racun dalam usus besar. Dan mencegah kanker usus.

Sebagai anti oksidan, karena terkandung vitamin, mineral, dan pytoalbumin yang tinggi, maka buah naga mampu mencegah radikal bebas dan bersifat anti oksidan.

Membantu mengatur kadar kolesterol.

Selain itu juga buah naga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan penglihatan, menurunkan berat badan, meningkatkan daya ingat.

Manfaat yang paling besar dari buah naga adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung karena dapat mengurangi kolesterol jahat. Mengurangi kemungkinan terjadi penumpukan plak di arteri dan vena atau bahkan tidak mungkin terjadi.

Kandungan positif dari buah naga ini bisa mengaktifkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Kolesterol HDL mampu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Kolesterol LDL mengurangi reseptor yang ada di dinding arteri.

Untuk menikmati buah naga selain dapat dikonsumsi secara langsung, juga bisa dibuat jus dan dicampurkan dengan buah-buahan lain untuk menambah citra rasanya.

Demikian manfaat si buah naga merah. Selamat mencoba khasiat dari buah tersebut!

 

Dari beberapa sumber internet.

[Tri Wulandari]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here