Kenali Demam Berdarah Mulai Sekarang

0
94 views

Kiblatmuslimah.com – Demam memang merupakan tanda gejala suatu penyakit. Dikatakan demam bila suhu tubuh melebihi suhu normal yaitu diatas 37,5 derajat celcius. Penanganan demam sebenarnya cukup mudah tetapi bila demam tidak teratasi dengan baik maka akan sangat berbahaya bagi tubuh.

Pada anak-anak, demam memang perkara yang membuat khawatir. Terlebih jika demam terjadi di saat musim penghujan seperti ini. Dikarenakan saat penghujan seperti ini, banyak jentik-jentik nyamuk berkembang biak, baik itu nyamuk biasa atau Aedes Aegypti. Nyamuk Aedes Aegypty betina adalah nyamuk yang menyebabkan virus demam berdarah. Maka hati-hatilah jika anda terkena gigitan nyamuk ini.

Demam pada kasus demam berdarah biasa dikenal siklus pelana kuda. Yaitu, demam tinggi pada hari kesatu sampai ketiga, kemudian menurun pada hari keempat dan kelima. Pada siklus menurun ini, kadang para orang tua menganggap panas sudah turun dan sembuh, padahal pada masa ini sangat berbahaya bagi penderita. Kemudian bila demam teratasi dengan baik maka hari ke-6 dan ke-7 panas kembali tinggi. Inilah yang dinamakan fase penyembuhan. Nafsu makan berangsur-angsur membaik dan hasil laboratorium menunjukkan perbaikan.

Demam pada demam berdarah biasanya muncul secara mendadak, kemudian muncul bintik merah yang akan berkurang saat memasuki hari keempat dan akan menghilang pada hari keenam. Bintik ini berbeda dengan bintik campak, bintik merah pada campak muncul di hari ketiga dan semakin bertambah sampai hari keenam dan ketujuh.

Bintik merah ini merupakan tanda khas demam berdarah. Kadang tanda ini tidak terlihat oleh para orang tua. Kemudian menganggap anaknya hanya demam biasa. Mengetahui sakit demam berdarah saat bintik merah semakin jelas terlihat maka kondisi ini sudah menunjukkan adanya perdarahan di dalam tubuh. Tak jarang kondisi ini menjadi kritis dan perlu perawatan intensif di ICU.

Setelah mengetahui gejala demam berdarah, para orang tua agaknya perlu mawas diri jika anaknya sewaktu-waktu terkena demam. Sediakan pertolongan pertama obat penurun panas di rumah. Bila tidak membaik segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapat penanganan yang tepat.

Penulis: Fauza Rochmanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here