Keinginan Si Mayit

0
170 views

Kiblatmuslimah.com – Memberi merupakan perbuatan yang mudah tapi tidak semua orang mampu melakukannya. Banyak orang yang diberi keluasan rezeki oleh Allah namun tidak digunakan untuk membantu sesama. Padahal, seandainya tahu bahwa salah satu amal yang diinginkan orang yang sudah meninggal tidak lain dan tidak bukan adalah bersedekah. Seperti yang Allah firmankan dalam QS. Al-Munafiqun: 10,

Dan infakkanlah sebagian dari yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhan-ku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan termasuk orang-orang yang saleh.”

Ayat ini menjadi peringatan bagi kita yang masih hidup bahwa ternyata sedekah adalah salah satu amalan yang diinginkan oleh mayit untuk bisa dilakukan dan meminta Allah menunda kematiannya.  Namun keinginan tersebut tidak akan pernah terwujud karena kematian adalah pemutus semua amalan dan tidak ada kesempatan untuk beramal.

Banyak keutamaan sedekah yang membuat si mayit berkeinginan untuk bisa dihidupkan lagi. Hal tersebut sudah dikabarkan oleh Rasulullah. Adapun keutamaan sedekah di antaranya adalah:

1. Sedekah dapat menghapus dosa

Dosa adalah satu hal yang sering dilakukan oleh anak cucu adam, baik sengaja maupun tidak. Allah memberikan solusi agar dosa-dosa tersebut Allah ampuni, salah satu caranya dengan memberikan sedekah. Sesuai dengan yang Rasulullah sabdakan.

Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api“. (HR. Tirmidzi)

2. Mendapatkan naungan di hari akhir

Salah satu hal yang sangat mengkhawatirkan bagi seorang mukmin di hari akhir adalah nasibnya kelak di hadapan Allah. Ketika seluruh manusia dikumpulkan pada satu tempat yakni di padang Mahsyar, sedangkan matahari berada sangat dekat dengan kepala. Di saat suasana panas tersebut, setiap manusia saat itu butuh perlindungan. Tapi apa daya, perlindungan hanya Allah berikan kepada orang-orang yang memiliki amalan istimewa. Salah satunya adalah sedekah,

Naungan orang beriman di hari Kiamat adalah sedekahnya“. (HR. Ahmad)

Sebuah kenikmatan luar biasa yang Allah berikan kepada orang yang rajin bersedekah. Karena termasuk ke dalam 7 golongan yang mendapatkan naungan oleh Allah. Ketika memberi di dunia, tangan kirinya tidak mengetahui yang dilakukan oleh tangan kanannya.

Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu. Sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

Menyembunyikan sedekah adalah satu yang membuat seseorang kelak mendapatkan naungan di akhirat. Ketika tidak ada naungan selain naungan Allah.

3. Dilipatgandakan pahala

Keutamaan sedekah juga adalah dilipatgandakan pahala bagi setiap orang yang  melakukannya. Ini adalah salah satu hal yang menguntungkan bagi si mayit di hari akhir kelak. Adapun dalil bahwa Allah melipatgandakan pahala tersebut terdapat di dalam surah Al-Baqarah: 261.

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah Melipatgandakan bagi orang yang Dia Kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Itulah beberapa keutamaan sedekah yang membuat si mayit berharap agar dikembalikan ke dunia. Wahai saudaraku yang masih Allah berikan jatah umur, jangan tunggu masa penyesalan itu datang. Di saat itu kita hanya bisa menggigit jari karena tidak mampu menambah amalan agar selamat di hari akhir. Semoga kita tdak termasuk golongan Qorun yang hartanya bukan menjadi penyelamat tapi bumerang di hari akhir.

Penulis: Syifa Azzahra

Penyunting: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here