Kehamilan Sehat

0
118 views

Kiblatmuslimah.com – Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk menikah dan melarang keras hidup membujang (tidak mau menikah) serta bersabda, “Nikahilah wanita yang penyayang dan mudah beranak banyak (subur), karena aku akan berbangga diri dengan banyaknya jumlah kalian di hadapan para Nabi pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Hibban IX/3380. Dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam kitab al-Irwa’ no.1784)

Dalam hadits itu disebutkan bahwa Rasulullah akan bangga pada banyaknya jumlah umatnya di hari akhir kelak. Nah, siapa sih pasangan yang tidak ingin memiliki anak? Pasti tidak ada.

Setiap pasangan yang menikah pasti berkeinginan untuk memiliki keturunan. Sebagai orang tua pasti menginginkan untuk memiliki anak yang sehat. Khususnya seorang wanita yang sedang hamil menginginkan memiliki janin yang sehat. Pun dengan kondisi sang ibu juga ingin tetap sehat walau keadaan hamil. Apalagi kondisi janin dalam kandungan sangat dipengaruhi oleh kondisi ibunya, baik fisik ataupun psikis. Nah, lantas apa saja yang dapat dilakukan seorang ibu agar kehamilannya sehat?

Langkah terbaik untuk menjaga ibu agar kehamilan sehat dan kuat tentunya bisa dengan menerapkan pola hidup sehat yang benar, yaitu:

  1. Jaga kebersihan organ intim

Menjaga kebersihan organ intim adalah kewajiban baik kondisi hamil maupun tidak. Dan biasakan membersihan organ intim dengan cara yang benar, yaitu gunakan air bersih dari terluar alat kelamin ke belakang daerah dubur. Serta gunakan celana dalam yang berbahan katun dan tak lupa untuk sering mengganti agar tetap bersih.

 

  1. Cuci tangan dengan sabun

Rajin cuci tangan dengan sabun sangatlah penting dilakukan ibu hamil sebagai langkah pertama dalam mencegah penyakit akibat terpapar berbagai sumber penyakit.

 

  1. Mengelola emosi

Selama masa kehamilan memang rentan sekali mengalami sensitivitas perasaan. Mudah marah serta tersinggung. Kondisi psikologi ini akan berpengaruh kepada janin. Maka perlu pengontrolan emosi, hindari hal-hal yang memicu emosi, menjaga komunikasi dengan pasangan dan tak lupa atur pernafasan untuk mengurangi emosi.

 

  1. Penuhi asupan nutrisi

Asupan nutrisi yang baik dan seimbang akan mempengaruhi kesehatan ibu serta janin. Sering-seringlah untuk konsultasi ke dokter atau bidan untuk lebih mengetahui menu makanan yang cocok untuk ibu hamil.

 

  1. Lakukan olahraga ringan

Selama dokter atau bidan menyatakan kehamilan sang ibu sehat serta tidak memiliki gangguan, aktivitas fisik ringan bisa membantu tidur malam jadi lebih nyaman.

 

  1. Cukup istirahat

Bergeraklah secukupnya karena wanita hamil rentan mengalami kelelahan dan juga tekanan darah rendah. Kurangi aktivitas yang menguras tenaga, meski demikian ibu hamil tidak duduk terlalu lama karena dapat mengganggu aliran darah.

 

  1. Pemeriksaan berkala

Kontrol kondisi kehamilan secara berkala di dokter atau bidan. Dengan begitu, ibu akan mengetahui perkembangan kehamilan dengan baik dan akurat.

 

Ciptakan suasana bahagia dan jangan ragu untuk terus berkonsultasi pada dokter maupun bidan agar kehamilan tetap sehat. Karena kehamilan sehat insya Allah akan melahirkan generasi yang sehat pula.

 

Sumber:

  1. Rehanul Bahraen. 1439 H. Fiqih Kontemporer Kesehatan Wanita. Cetakan kedua. Jakarta: Pustaka Imam Asy-syafi’i.

https://www.prenagen.com/7-langkah-tepat-agar-kehamilan-sehat-dan-kuat

 

Penulis: Izni Fathimah R

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here