Jika Terlalu Sering Memegang Gadget

0
191 views

Kiblatmuslimah.com – Menggunakan gadget adalah kebiasaan baru untuk generasi saat ini. Dari bangun tidur hingga tidur kembali manusia tak lepas dari gadget. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, gadget menjadi barang yang tak terpisahkan. Namun jika kebiasaan terus-menerus memegang gadget dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita. Berikut di bawah ini yang disebabkan oleh penggunaan gadget yang salah :

 

  1. Sindrom De Quervain

Sindrom de quervain adalah peradangan selubung tendon yang terjadi pada pergelangan tangan terutama sekitar ibu jari. Terasa nyeri saat memutar, menekuk ibu jari, mencubit dan mengepalkan tangan. Penyebabnya belum diketahui sepenuhnya, namun dicurigai karena gerakan berulang pada pergelangan tangan seperti menulis, menggunakan smartphone, bermain golf atau menggendong anak. Sindrom de quervain juga terjadi pada ibu hamil.

 

Gejala sindrom de quervain:

  • Nyeri di pangkal ibu jari
  • Kesulitan beraktivitas yang banyak menggunakan ibu jari, seperti menulis, menggenggam, mencubit.
  • Bengkak pada sekitar ibu jari
  • Rasa kaku saat menggerakkan ibu jari atau “stop and go”

 

  1. Carpal Tunnel Syndrom

Carpal tunnel syndrom adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh gerakan berulang naik turun pergelangan tangan atau getaran menerus yang terjadi pada pergelangan tangan. Hal ini disebabkan karena pembengkakan tendon yang menyebabkan penjepitan pada syaraf median. Gejala yang biasa terjadi pada penderita carpal tunnel syndrom, yaitu:

  1. Rasa kesemutan yang terjadi pada pergelangan tangan, ibu jari sampai jari tengah
  2. Daya genggam yang melemah
  3. Rasa nyeri yang intens saat pergelangan tangan gerakkan atau diputar
  4. Cubital tunnel syndrom

Cubital tunnel syndrom adalah rasa sakit yang terjadi pada siku yang disebabkan karena penekanan pada siku atau pergelangan tangan. Kebisaan yang dapat menyebakan cubital tunnel syndrom adalah sandaran menggunakan siku terutama pada permukaan yang keras, menekuk siku dalam waktu yang lama. Gejala yang sering terjadi yaitu, kesemutan terutama pada jari manis dan kelingking serta adanya kelemaha pada jari jari.

Sumber :

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/penyakit/cubital-tunnel

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/penyakit/carpal-tunnel

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/mengatasi-de-quervain

 

Penulis: Nur Hasna, Amd Ft

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here