Jika Kontraksi Timbul, Sudahkah Saatnya Bersalin?

0
163 views

Kiblatmuslimah.com – Hari Perkiraan Lahir (HPL) biasanya menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh ibu hamil dan keluarga. Segala kebutuhan untuk menyambut lahirnya sang buah hati sudah dipersiapkan dengan matang. Dua minggu menjelang HPL merupakan hari penantian yang mendebarkan karena bayi sudah bisa lahir sewaktu-waktu.

 

Tanda yang paling sering menjadi acuan bagi ibu hamil untuk mengetahui waktu persalinan adalah merasakan mulas atau kencang-kencang di bagian perut. Hal inilah yang disebut dengan kontraksi. Namun, masih banyak ibu hamil yang masih bingung menilai kontraksi yang dialami merupakan tanda persalinan atau bukan. Sehingga tidak jarang ada yang bolak-balik periksa ke bidan untuk memastikan. Apalagi ibu hamil yang mau bersalin untuk pertama kalinya.

 

Bunda shalihah, ada dua tanda yang perlu diperhatikan saat memasuki awal persalinan:

  1. Perut mulas yang teratur, timbulnya semakin lama dan sering.

Persalinan yang sudah memasuki masa aktif (pembukaan 4-10 cm), durasi kontraksinya adalah 4-5 kali dalam 10 menit, lamanya 40-45 detik. Jadi, jika kontraksinya belum teratur berarti waktu bersalin masih lama.

  1. Keluar lendir bercampur darah atau air ketuban dari jalan lahir.

Jika sudah keluar lendir darah yang biasanya didahului dengan mulas, berarti sudah ada pembukaan. Bunda perlu mewaspadai keluarnya air ketuban, harus segera periksa ke tenaga kesehatan,  meski belum merasakan kontraksi.

 

Itulah dua tanda awal proses persalinan. Semoga bisa membantu bunda-bunda shalihah untuk membedakan antara kontraksi palsu dan asli proses persalinan.

 

Sumber: Buku KIA Kemenkes RI Cabang IBI Banyumas

Penulis: Ummu Atikah

Editor: Halimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here