Jepit Rambut Sederhana nan Manis

0
89 views

Kiblatmuslimah.com – Mengasuh anak perempuan memang istimewa. Perlakuan baik kepada mereka (anak-anak perempuan) mendapat balasan khusus dari Allah.

Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa diuji (oleh Allâh Azza wa Jalla) dengan anak-anak perempuan, lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka akan menjadi penghalang atau pelindung baginya dari (siksa) neraka.”  (HSR. Muslim, no. 2629)

Sebagian orang tua terutama ibu, memiliki kebahagiaan tersendiri ketika dikaruniai anak perempuan. Mengapa? Ternyata sederhana jawabannya. “Kalau anak perempuan bisa dipakaikan baju dan aksesoris lucu-lucu.” Masya Allah.

Namun pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. Antara anak laki-laki dan anak perempuan hendaknya diperlakukan sesuai fitrahnya. Mudahnya, membedakan cara mereka berpakaian.

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang bergaya wanita dan wanita yang bergaya laki-laki”. Beliau memerintahkan, “Keluarkan mereka dari rumah-rumah kamu”. Ibnu Abbas berkata:  Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengeluarkan Si Fulan, Umar telah mengeluarkan Si Fulan. (HR. Al-Bukhâri, no. 5886; Abu Dawud, no. 4930; Tirmidzi, no. 2992)

Karena itu tidak salah memakaikan perhiasan kepada anak perempuan. Perhiasan di sini tidak harus mewah. Aksesoris sederhana pun cukup, untuk menunjukkan perbedaan antara anak perempuan dan laki-laki.

Salah satu perhiasan yang bisa dikenakan anak peremuan adalah hiasan rambut. Berikut kami sajikan tutorial sederhana untuk membuat hiasan rambut dari bahan-bahan yang mudah diperoleh.

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Kain perca berbentuk kotak (ukuran sesuai kebutuhan. Di sini kami menggunakan kain berukuran 10×10 cm)
  2. Penjepit rambut polos
  3. Kancing/ manik-manik (kami menggunakan kancing dari baju yang tidak dipakai)
  4. Benang jahit

Alat yang dibutuhkan:

  1. Gunting
  2. Jarum jahit

Cara kerja:

  1. Lipat kain menjadi 2 bagian, dengan bagian ‘bagus’ di dalam
  2. Jahit jelujur tepian kain, sisakan sekitar 2 cm di ujung jahitan untuk tempat membalik kain
  3. Balik kain melalui lubang yang tersisa, sehingga bagian bagus ada di luar.
  4. Lipit bagian tengah kain sehingga membentuk pita
  5. Jahit bagian tengah pita pada jepit rambut.
  6. Jahit kancing di bagian lipitan sebagai pemanis

Nah, jepit rambut manis siap dipakaikan pada ananda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here