Jadilah Anak yang Benar dan Pemimpin!

0
232 views

Kiblatmuslimah.com – Ustadz Farid Oqbah memberikan banyak pesan kepada pemuda muslim di zaman milenial ini. Berikut pesan beliau dalam suatu kajian.

Pada awal acara, pertanyaan yang beliau lontarkan adalah “Apa yang diinginkan orang tua kepada kita sebagai anaknya?” Pertanyaan tersebut dijawab dengan Firman Allah dalam Surat Al-Furqan ayat 74.

“Dan orang-orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa’”.

Orang tua mengharapkan kita menjadi penyenang hati dan pemimpin. Penyenang hati dengan apa? Menyenangkan dengan cara menjadi benar. Jika ada orang tua yang meginginkan anaknya hanya pintar, itu keliru. Tapi jadilah anak yang benar dan pintar! Bagaimana menjadi orang yang benar? Allah telah berfirman dalam surat Yunus ayat 32

“Maka itu adalah Allah, Tuhan kamu yang sebenarnya. Tidak ada setelah kebenaran itu melainkan kesesatan, maka mengapa kamu berpaling (dari kebenaran)?” Menjadi orang benar itu dengan cara di atas kebenaran. Jika tidak maka sudah pasti di atas kebatilan.

Kemudian yang diharapkan selanjutnya adalah menjadi pemimpin. Syarat menjadi seorang pemimpin itu apa? Memiliki bekal. Seperti halnya seorang imam shalat berjamaah, minimal dia mampu membaca Al-Qur’an dan memiliki hafalan surat. Dalam rumah tangga pun membutuhkan seorang pemimpin.

Lalu apa yang dimaksud dengan pemimpin? Seorang pemimpin adalah contoh bagi yang dipimpin. Jika pemimpinnya roboh, maka roboh pula yang di bawahnya. Jika dia tangguh, maka tangguh juga yang di bawahnya. Maka jadilah seorang anak yang benar dan memberikan contoh yang baik bagi yang lain!

@daffa.an-nuur

Materi kajian Ustadz Farid Oqbah di Masjid Dasrussalam, 17 Maret 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here