Hipertensi: Penyebab, Gejala dan Pencegahannya

0
52 views

Kiblatmuslimah.com – Hipertensi adalah kondisi saat tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHg). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHg mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah. Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg.

Hipertensi biasa ditemukan pada orang tua yang lanjut usia, tapi juga tidak menutup kemungkinan pada usia muda untuk mengalaminya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi. Di antaranya adalah marah. Orang yang sering marah maka ia  beresiko terkena darah tinggi. Pada kondisi tersebut, pembuluh darah menyempit.

Penyebab yang lain di antaranya: asupan garam yang tinggi, stress, malas bergerak, obesitas, merokok, minum minuman keras. Faktor kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, misal: penyakit ginjal, kehamilan dll.

Berikut ini adalah tanda dan gejala penyakit darah tinggi:

  • Sakit kepala parah
  • Pusing
  • Penglihatan buram
  • Mual
  • Telinga berdenging
  • Kebingungan
  • Detak jantung tak teratur
  • Kelelahan
  • Nyeri dada
  • Sulit bernapas
  • Darah dalam urin
  • Sensasi berdetak di dada, leher, atau telinga

Resiko pada keluarga yang mempunyai riwayat darah tinggi, besar kemungkinan untuk menurunkan pada anak-anaknya. Namun, hal tersebut dapat dicegah sedini mungkin bila melakukan hal-hal di bawah ini.

 

  1. Selalu berdoa kepada Allah agar selalu diberi kesehatan badan baik dirinya dan keluarganya
  2. Rajin berolahraga
  3. Turunkan berat badan bagi yangberlebih
  4. Berhenti merokok
  5. Perbanyak buah dan sayur yang banyak serat
  6. Masak sendiri di rumah, dengan memasak makanan sendiri kita bisa mengontrol garam
  7. Selalu perhatikan label makanan, hindari jumlah natrium yang terlalu berlebih
  8. Mengelola stres, ini juga sangat berpengaruh. Jika tidak terkendali akan menyebabkan pembuluh darah menyempit.

 

Dalam sebuah hadits yang shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ »

“Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah”

Maka pandai-pandailah menjaga emosi sehingga dapat menahan marah. Di samping dapat mencegah penyakit darah tinggi, menahan marah mempunyai keutamaan di sisi Allah sebagai golongan orang-orang yang bertakwa. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ali Imraan: 133-134,

١٣٣. وَسَارِعُواْ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ
١٣٤. الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاء وَالضَّرَّاء وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya serta memaafkan (kesalahan) orang. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali ‘Imran [3]: 133-134)

Untuk penderita hipertensi, agaknya harus sering-sering mengontrol kadar tekanan darahnya serta rutin mengonsumsi obat penurun tensi atas saran dokter. Karena pada hipertensi yang tidak terkontrol, sangat membahayakan bagi penderita dan dapat menyebabkan penyakit komplikasi seperti serangan stroke dan penyakit jantung koroner.

Penulis: Fauza R, Amd, Keb.

Editor: UmmA

Pustaka:

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/hipertensi-tekanan-darah-tinggi/penyebab-hipertensi-tekanan-darah-tinggi/

https://hellosehat.com/penyakit/hipertensi-adalah-darah-tinggi/

https://lifestyle.kompas.com/read/2017/07/06/195200320/tekanan.darah.tinggi.ubahlah.gaya.hidup

https://muslim.or.id/6169-atasi-marahmu-gapai-ridho-rabbmu.html

https://www.muadz.com/keutamaan-menahan-amarah/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here