Doakan Anak-anak Kita

0
102 views

Kiblatmuslimah.com – Seakan habis pikiran orang tua mencari metode yang cocok untuk diterapkan dalam pendidikan anak. Tidak semua anak bisa diubah dengan metode pendidikan “terbaik” sekali pun. Nasihat tidak didengar, pujian tidak membuatnya termotivasi, hukuman tidak membuatnya jera. Lalu?

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh. Segala metode Barat berkiblat dari pemikiran sekuler dan tidak selayaknya diambil. Semisal terpaksa diambil, tetap korelasikan dengan syariat Allah Yang Maha ‘Alim, pernah dipraktikkan oleh sang murabbi sejati, Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa salam.

Mungkin metode pendidikan modern tidak pernah menganjurkan kita menggunakannya. Tapi metode ini benar-benar efektif untuk ‘menaklukkan’ anak menjadi saleh sesuai harapan generasi Rabbani. Dudukkan anak di pangkuan, peluk, usap kepalanya, lalu doakan kebaikan untuknya.

Imam Bukhari meriwayatkan hadits dari Ibnu Abbas:

ضَمَّنِى النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِلَى صَدْرِهِ وَقَالَ: اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ الْحِكْمَةَ

“Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam mendekapku ke dadanya, lalu berdoa: ‘Ya Allah, ajarkanlah hikmah kepadanya’.”

Dalam riwayat lain:

اللَّهُمَّ فَقِّهْهُ فِى الدِّينِ وَعَلِّمْهُ التَّأْوِيلَ

“Ya Allah, jadikanlah ia seorang yang fakih tentang din ini dan ajarilah ia ilmu takwil (tafsir Alquran).”

Berkat doa tersebut, di kemudian hari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu menjadi ulama besar dan pakar tafsir Alquran.

Ummu Sulaim pernah membawa Anas kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam, lalu berkata, “Wahai Rasulullah, inilah Anas kecil, anakku. Saya bawa kepadamu agar dia membantumu. Maka doakanlah ia!”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam pun mendoakannya,

اللَّهُمَّ أَكْثِرْمَالَهْ وَوَلَدَهُ وَبَارِكْ لَهُ فِيمَاأَعْطَيْتَهُ

“Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya serta berkahilah yang Engkau berikan kepadanya.”

Anas berkata, “Demi Allah, hartaku banyak. Sedangkan anak dan cucuku hari ini, jumlahnya sekitar seratus silih berganti mengunjungiku.”

Wahai orang tua dan guru, jangan bosan mendoakan anak-anakmu dan anak didikmu. Karena doa orang tua dan guru untuk anak kandung dan anak didiknya dikabulkan. Apalagi jika dibaca di waktu-waktu mustajab. Bawalah anak dan anak didikmu kepada orang saleh agar didoakan.

Belum tentu metode ini diterapkan di sekolah favorit sekali pun. Terapkan segera, agar Allah memberikan kemudahan dan jalan keluar dari kemelut metode pendidikan.

Oleh: Yasmin

Sumber: Majalah Taujih edisi 79, Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here