Diet Menyenangkan dengan Pisang

0
56 views

Kiblatmuslimah.com – Banyak program dan metode penurunan berat badan yang beredar pada zaman sekarang ini. Mulai dari diet karbo, nasi putih, hingga ODC yang sempat viral tahun lalu yang dikenalkan Deddy Corbuzier. Adapula diet yang fenomenal dari Jepang yaitu dengan pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan termasuk buah-buahan surga.

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ (27) فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ (28) وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ (29) وَظِلٍّ مَمْدُودٍ (30) وَمَاءٍ مَسْكُوبٍ (31)

 

”Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah.” (QS. Al-Waaqi’ah: 27-31)

 

Lalu apa saja keistimewaan si buah kuning tersebut? Di balik warna kuning yang menyegarkan tersebut, ternyata pisang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya melancarkan sistem pencernaan termasuk diare, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah stroke ringan, menyediakan energi dan sumber magnesium yang baik. Bisa melindungi dan mencegah gigi dari kerusakan, osteoporosis (pengeroposan tulang) pada dewasa, osteomalsia (pelunakan tulang) pada bayi dan banyak manfaat lainnya.

Diet dengan pisang ini mulai dikenalkan di Jepang. Diet ini biasa disebut Japanese Morning Banana Diet atau Asa Banana Diet. Diet ini dikemukakan oleh Sumiko Watanabe, seorang apoteker dan ahli kesehatan dari Osaka. Dia menciptakan diet ini untuk suaminya yang benama Hitoshi Watanabe. Hitoshi mengaku kehilangan berat badan sebanyak 16,8 kg karena mencoba diet ini. Cara ini cukup mudah dan terasa menyenangkan bagi yang tidak suka dengan diet yang terlalu ketat.

Nah, bagaimana diet pisang ala Jepang ini? Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, di pagi hari memulai hari dengan sarapan pisang yang masih segar dan air putih. Buah pisang tidak boleh dimasak atau dibekukan. Bila masih lapar, tunggulah 15 menit sampai 30 menit sebelum makan makanan lainnya.

 

  1. Untuk makan siang dan malam, dianjurkan untuk makan pisang dengan ditemani salad. Karena diet pisang ini tidak terlalu ketat, dapat mengonsumsi makanan apa pun yang di Namun harus berhenti makan saat sudah merasa kenyang 80%. Secara tidak langsung diet ini menerapkan sunnah Rasulullah yang tidak berlebihan dalam makan.

 

Dari Miqdam bin Ma’di Karib radhiyallahu ‘anhu, berkata: Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

 

Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafasnya.” (HR. Ahmad, At-Tirmizi dan Ibnu Majah. Dishahihkan oleh Al-Albany dalam kitab shahih At-Tirmizi, no. 1939)

 

  1. Setelah jam 3 sore, bisa ngemil berondong jagung rendah garam, coklat asli atau biskuit gandum. Meskipun begitu, diet ini juga perlu menghindari es krim, susu dan produk olahan turunannya.

 

  1. Tidur yang cukup. Waktu tidur yang kurang bisa meningkatkan hasrat untuk makan lagi dan lagi. Selain itu tidur yang kurang menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

 

Waktu makan malam yang ideal pada diet pisang ini adalah jam 18:00. Jika malam hari terasa lapar, bisa diganjal dengan buah-buahan segar.

 

Begitu mudahnya diet pisang untuk dipraktikkan bagi yang ingin menurunkan berat badan. Sayangnya belum ada riset yang meneliti tentang keberhasilan metode diet dengan pisang ini. Meski begitu, jangan khawatir. Metode ini tidak merugikan tubuh dan banyak testimoni menyenangkan dari diet dengan pisang ini.

 

Alangkah baiknya diet dengan pisang ini diimbangi dengan olahraga yang teratur. Sehingga manfaat menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan dapat diraih. Perlu diingat bagi yang memiliki alergi atau penderita ketidakseimbangan hormon tiroid, tidak disarankan mengonsumsi pisang. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menerapkan diet ini.

 

 

 

 

Penulis: Fauza R, Amd.Keb

Editor: UmmA

 

Sumber:

Al-Qur’anul karim

https://www.mutiarahadits.com/20/47/76/sederhana-dalam-hal-makan-dan-tidak-berlebihan.htm

https://www.merdeka.com/sehat/menurunkan-berat-badan-dengan-diet-pisang-ala-jepang-bagaimana-caranya.html

https://www.alodokter.com/cara-melakukan-diet-pisang-yang-benar

https://azzlam.com/men/artikel/detail/pisang-buah-surga-yang-disebut-dalam-al-quran-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan

http://www.seputarmanfaat.com/manfaat-pisang-untuk-diet-sehat/

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here