Diabetes Melitus, Gejala dan Pencegahannya

0
193 views

Kiblatmuslimah.comDiabetes melitus selain merupakan penyakit keturunan, juga bisa disebabkan oleh gaya hidup, pola makan yang tidak sehat. Orang yang mempunyai keturunan diabetes melitus kemungkinan besar akan menurunkan penyakit bawaan tersebut kepada generasi berikutnya.

 

Diabetes melitus (DM) atau disebut diabetes saja merupakan penyakit gangguan metabolik menahun akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang diproduksi secara efektif. Insulin adalah hormon yang mengatur keseimbangan kadar gula darah.

 

 

Di antara gejala yang selalu muncul pada penyakit diabetes melitus adalah 3P yaitu poliuri (sering buang air kecil), polidipsi (rasa haus yang berlebihan) dan polifagia (nafsu makan meningkat). Selain tiga tanda tersebut ada gejala yang lain, yakni:

 

  • Luka yang lambat pulih atau sering infeksi
  • Pandangan buram
  • Lelah
  • Rasa sakit atau mati rasa pada kaki dan tangan
  • Kesemutan
  • Gatal
  • Gatal pada kemaluan (wanita)
  • Disfungsi ereksi (pria)

 

 

Bagi orang yang mempunyai keturunan diabetes disarankan untuk menjaga tubuhnya dengan pencegahan. Bukan dikhususkan bagi yang mempunyai keturunan diabetes saja. Yang tidak mempunyai potensi diabetes bila tidak bisa menjaga pola makan dan gaya hidup juga akan berisiko terkena penyakit tersebut. Di antara pencegahan-pencegahan yang bisa dilakukan adalah:

 

  1. Makan makanan yang seha dengan menjaga pola makan. Kita lebih bisa mengontrol agar makanan rendah lemak dan kalori. Sehingga gula darah terkontrol. Berikut ini adalah makanan yang dianjurkan untuk mengatasi dan mencegah diabetes:
  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks. Seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  • Ganti gula Anda dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubu Ini membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah.
  • Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  • Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.
  • Buah-buahan segar. Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah gula.
  • Kacang-kacangan, termasuk kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.
  • Berondong jagung (Popcorn)
  • Produk olahan susu rendah lemak dan telur.
  • Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel.
  1. Olahraga teratur

Hal ini memang sudah sangat lumrah dianjurkan di banyak artikel kesehatan. Jangan memandang sebelah mata kegiatan olahraga ini. Manfaat olahraga teratur untuk penderita diabetes adalah membantu menjaga berat badan. Insulin bisa lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik dan memberi Anda lebih banyak energi. Cara sederhana ini bisa mengatasi diabetes Anda.

 

  1. Tes gula darah secara berkala

Tingkat gula darah normal sebelum makan 70-130 mg/dL, sedangkan setelah delapan jam puasa seharusnya kurang dari 100 mg/dL. Kemudian, tingkat gula darah dua jam setelah makan seharusnya kurang dari 180 mg/dL dan menjelang tidur berkisar 100-140 mg/dL. Nilai gula darah yang tinggi menandakan tubuh yang kurang sehat. Segeralah periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

  1. Minumlah obat penurun gula darah secara teratur

Dalam hal ini sudah menjadi kewenangan dokter. Konsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam. Bagi yang ingin menggunakan ramuan tradisional bisa diterapkan asalkan tepat secara pengolahan. Alangkah lebih baik tetap kontrol ke dokter serta mengontrol kadar gula darah secara berkala.

 

Jangan meremehkan kadar gula berlebih dalam tubuh. Bila hal tersebut tidak terkontrol akan berakibat fatal ke fungsi organ tubuh yang lain seperti ginjal, mata, saraf juga dapat memicu terjadinya stroke. Sebagaimana tubuh adalah anugerah dari Allah maka kita wajib menjaga kebutuhan dan kesehatannya.

 

Sebagaimana Rasulullah ﷺ bersabda, “Sungguh, badanmu memiliki hak atas dirimu” (HR. Muslim). Di antara hak badan adalah makan ketika lapar, minum jika haus, istirahat saat lelah, membersihkan kotoran dan mengobatinya kalau sakit.

 

Penulis : Fauza R, Amd, Keb.

Editor: UmmA

 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/gejala-diabetes-3p/

www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-diabetes.pdf

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/cara-mengatasi-diabetes/

https://sains.kompas.com/read/2017/11/11/202400823/ada-5-komplikasi-diabetes-sudah-tahu-semua-

https://hellosehat.com/penyakit/diabetes-melitus-tipe-2-kencing-manis/

https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/08/29/m9hsly-kewajiban-menjaga-kesehatan

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here