Detoks Tubuh dengan Infused Water

0
1713 views

Kiblatmuslimah.com – Belakangan infused water menjadi lebih familiar di kalangan milenial yang peduli akan tubuh sehat. Bila Anda mengenal JSR maka infused water, jeniper, himsalt terdengar tidak asing telinga. JSR adalah singkatan dari Jurus Sehat Rasulullah, merupakan buku karangan dr. Zaidul Akbar, yang merupakan praktisi thibbun nabawi. Untuk lebih detailnya silahkan googling (telusur, red) di internet.

Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicelupi dan direndami beberapa potongan buah atau herbal. Buah yang disarankan adalah buah padat seperti jeruk nipis, lemon, mentimun, stroberi dan lainnya. Tidak disarankan buah-buahan yang lembek seperti pepaya, nanas, mangga dan lain sebagainya.

Kandungan Nutrisi Infused Water

Dengan minum infused water, berarti mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang alami terdapat dalam buah, sayur, rempah, herbal, maupun bahan lainnya. Dengan catatan: infused water adalah air resapan sari buah/sayur/bahan lainnya, tidak sama dengan jus. Jadi tidak ada tambahan gula dan kalori dari buah yang ikut terserap ke dalam air—maka dari itu ini disebut air “infusan” (infused). Anda hanya meng-“infus”-kan rasa ke dalam air beserta semua nutirisi alami dari buah-buahan, sayuran dan rempah-rempah.

Infused water berguna untuk detoksifikasi, seperti yang Anda ketahui bahwa detoks dapat membantu tubuh “menggerus” racun dalam tubuh dan menghambat radikal bebas dari paparan polusi. Selain itu, rasa yang menyegarkan membuatnya tidak membosankan untuk dinikmati kapan saja dan di mana saja.

Ada beberapa jenis buah yang bisa digunakan sebagai campuran infused water  dan berfungsi detoksifikasi tubuh:

  1. Lemon

Air dengan campuran irisan buah lemon merupakan minuman detoks terbaik. Lemon membantu membersihkan dan menambah alkali dalam tubuh sehingga tubuh terasa lebih segar. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mengiris beberapa buah lemon segar, memeras sari lemon dan menambahkan beberapa liter air putih ke dalamnya.

  • Mint 

Menambahkan daun mint ke dalam infused water akan membuat air Anda menjadi sedikit lebih manis, sekalipun tak menambahkan gula ke dalamnya. Campuran air dengan mint yang dingin akan membantu “menenangkan” perut dan melancarkan pencernaan Anda.

  • Mentimun 

Mentimun tak cuma bermanfaat untuk kulit dan mata. Sebab, infused water mentimun juga dapat mengatasi dehidrasi dan berfungsi sebagai anti-inflamatory (antiperadangan) untuk tubuh.

  • Jahe 

Infused water dengan irisan jahe bermanfaat untuk membersihkan seluruh sistem di tubuh Anda, melancarkan pencernaan dan “menenangkan” perut. 

Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2014/02/13/1450490/Manfaat.Ganda.Detoks.Tubuh.dengan.Infused.Water.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here