Delima, Kenikmatan Buah Surga

0
2216 views

Kiblatmuslimah.com – Saat ini buah delima sedang naik daun. Berbagai olahan mulai dibuat. Berbagai varian rasa dengan buah ini juga mulai ada. Hal ini dikarenakan masyarakat mulai mengetahui manfaat yang terkandung di dalam buah ini untuk kesehatan. Banyak penelitian yang mengkaji kandungan yang terdapat dalam buah delima, akan tetapi apakah kalian tau bahwa sebenarnya buah ini sudah disebut oleh Alloh dalam kitab sucinya, Alloh menyebutnya sebanyak 3 kali dalam Al-Quran. Ini berarti bahwa buah delima ini memang Alloh ciptakan untuk memberikan manfaat bagi manusia. Berikut ini beberapa ayat yang menyebutkan buah delima sebagai buah surga…..

فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

Di dalam kedua syurga itu terdapat buah-buahan, kurma dan delima (Ar-Rahman:68)

وَهُوَ الَّذِي أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَأَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُتَرَاكِبًا وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَجَنَّاتٍ مِنْ أَعْنَابٍ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۗ انْظُرُوا إِلَىٰ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَيَنْعِهِ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكُمْ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Dan Dialah yang menurunkan hujan dari langit lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu segala jenis tumbuh-tumbuhan, kemudian Kami keluarkan daripadanya tanaman yang menghijau, Kami keluarkan pula dari tanaman itu butir-butir (buah) yang bergugus-gugus; dan dari pohon-pohon tamar (kurma), dari mayang-mayangnya (Kami keluarkan) tandan-tandan buah yang mudah dicapai dan dipetik; dan (Kami jadikan) kebun-kebun dari anggur dan zaitun serta buah delima, yang bersamaan (bentuk, rupa dan rasanya) dan yang tidak bersamaan. Perhatikanlah kepada buahnya apabila ia berbuah dan ketika masaknya. Sesungguhnya yang demikian itu mengandungi tanda-tanda (yang menunjukkan kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang beriman. (Al-An’am : 99)

 وَهُوَ الَّذِي أَنْشَأَ جَنَّاتٍ مَعْرُوشَاتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَاتٍ وَالنَّخْلَ وَالزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُ وَالزَّيْتُونَ وَالرُّمَّانَ مُتَشَابِهًا وَغَيْرَ مُتَشَابِهٍ ۚ كُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ إِذَا أَثْمَرَ وَآتُوا حَقَّهُ يَوْمَ حَصَادِهِ ۖ وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang bersusun dan kebun-kebun yang tidak bersusun, pohon kurma, tanaman-tanaman yang berlainan rasanya, pohon zaitun, dan pohon delima yang serupa (bentuk dan warnanya) atau yang tidak serupa (rasanya). Makanlah buahnya jika telah berbuah dan bayarlah zakatnya di hari kalian memetiknya. Dan janganlah kalian melampaui batas, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (Al-An’am: 141)

Sekelumit tentang Delima

Para peneliti memberikan julukan pada buah delima sebagai super fruit. Buah ini diyakini berasal dari Syria yang kemudian dibawa ke Mesir. Saat itu (1600SM) buah delima dijadikan makanan penting dan digunakan sebagai obat. Hal ini terlihat dalam lukisan dan makam di Mesir. Buah ini juga dijadikan lambang kesuburan dan kemakmuran dalam berbagai kebudayaan.

Selain itu, manfaat kesehatan buah delima telah digunakan secara luas di berbagai budaya sebagai obat tradisional. Penggunaan buah delima yang paling terkenal adalah untuk obat cacing usus. Ini tertulis dalam Papyrus Ebers (1530 SM) bahwa ramuan akar buah delima sebagai obat parasit usus dan masih digunakan sampai sekarang. Ibnu Sina, Hippocrates dan Dioscorides juga menjelaskan bahwa biji buah delima dapat mencegah konsepsi (yang mana sebagai kontrasepsi alami) dan sampai saat ini biji buah delima masih digunakan sebagai kontrasepsi di beberapa wilayah Afrika.

Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauziah, buah delima manis bersifat panas dan basah. Berguna untuk perut dan memperkuatnya, karena mempunyai zat konstipasi ringan. Selain itu delima juga berguna untuk tenggorokan, dada, paru-paru serta melegakan batuk. Jus delima manis dapat merelaksasi perut, bergizi, cepat dicerna dan menghasilkan udara dan panas dalam perut.

Delima asam bersifat dingin dan kering. Jenis delima ini menyembuhkan perut yang berlebih panasnya dan membantu memperbanyak produksi urin. Delima asam ini juga dapat meredakan penyakit kuning, menghentikan buang air karena obat pencahar, mencegah muntah, menghentikan panas liver, menguatkan organ-organ dan sakit bibir lambung. Sedangkan delima sepat berada ditengah-tengahnya meskipun cenderung mengarah ke asam.

Sedangkan di Indonesia ada tiga jenis buah delima, yang dikelompokkan berdasarkan warna buahnya, yakni delima putih, delima merah dan delima hitam. Dari ketiga jenis itu yang paling terkenal adalah delima merah. Delima merah memiliki rasa lebih manis dan segar, sedangkan delima putih rasanya lebih sepat dan kesat serta kurang manis. Delima putih dan delima hitam agak sulit ditemukan di pasaran

Unsur-Unsur yang Terkandung dalam Buah Delima

  1. Antioksidan

Warna merah pada buah delima mengandung antosianin yang tinggi, dimana antosianin ini merupakan komponen pembentuk flavanoid. Beberapa flavonoid yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan memiliki khasiat sebagai antioksidan. Flavonoid ini dapat menstabilkan senyawa oksigen reaktif yang dapat mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Rasa kesat pada buah delima disebabkan oleh kandungan flavonoid (golongan polifenol) yang tinggi. Salah satu peran flavonoid yang penting adalah sebagai antioksidan. Sehingga mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung, kanker kulit dan kanker prostat.

Buah delima dapat membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, mampu melawan peradangan dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan dan jus delima dapat menyebabkan kematian sel kanker.

  1. Fitosterol (anti kolesterol)

Buah delima juga kaya akan fitosterol. Fitosterol merupakan komponen biokimia yang mempunyai fungsi berlawanan dengan kolesterol bila dikonsumsi manusia. Selain itu, fitosterol juga tahan terhadap oksidasi. Sehingga dapat digolongkan sebagai antioksidan pangan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh kolesterol, khususnya bagi mereka yang beresiko tinggi.

  1. PencegahKanker

Delima juga dapat mencegah kanker payudara dan penurunan perkembangan kedua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal dan skuamosa. Fitonutrien dan antioksidan yang terkandung dalam buah delima, mampu berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya

  1. Antibakteri

Buah delima mengandung zat kimia alkaloid dan tannin yang mempunyai sifat anti bakteri dan virus. Dapat menambah kekebalan tubuh seseorang. Pada bagian daging buah serta kulit, dapat mencegah dan mengendalikan virus serta mikroba patogen dalam darah.

Pantangan Delima

Meskipun buah delima merupakan super food yang menyehatkan tubuh, kita perlu mengetahui kondisi tubuh kita sendiri agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya. Untuk beberapa kondisi tubuh tertentu, buah delima tidak cocok dikonsumsi, misalnya:

  1. Dalam beberapa kasus, jus delima tidak menunjukkan efek samping. Namun, beberapa orang pernah mengaku mengalami alergi, beberapa jam setelah konsumsi jus delima.

  1. Penggunaan sari buah delima dengan tujuan menurunkan tekanan darah rendah, akan memungkinkan sebagian pasien mengalami penurunan tekanan darah yang begitu rendah (hipotensi).

  1. Penderita asma harus berhati-hati ketika hendak konsumsi olahan delima. Karena para peneliti menemukan reaksi seperti alergi, mual, muntah dan gangguan pernapasan.

  1. Meski peneliti telah mengumumkan tidak terjadi peningkatan kadar gula pada pada penderita dibaetes karena kandungan berupa fruktosa, alangkah baiknya Anda hindari buah ini. Sebab, rasa manis yang konsentrasinya lebih tinggi dari gula tetap memungkinkan kenaikan kadar gula darah (glukosa).

Penulis : Ivadilla Azzahra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here