Dahsyatnya Pesan ‘Aliyah

0
91 views

Kiblatmuslimah.com – Siapa yang tidak mengenal ulama yang satu ini? Ulama yang menjadi guru besar Imam asy-Syafi’i ini, ternyata memiliki seorang ibu yang shalihah. Ibu yang benar-benar perhatian kepada anaknya serta mengetahui cara mendidik anak dengan baik dan benar.

Dalam biografi beliau disebutkan bahwa Imam Malik pernah bertanya kepada ibunya, “Bolehkah aku pergi untuk menuntut ilmu?”

“Kemarilah, pakai pakaian santri dulu,” kata ibunya.

Lalu ibunya membelikan sejumlah gamis baru berwarna putih untuk putranya, memakaikan surban di kepalanya, lalu menyisipkan sepundi uang dirham ke saku putranya. Kemudian ibu berpesan, “Sekarang pergilah ke majlisnya Rabi’ah dan pelajari adabnya sebelum ambil ilmunya!”

Memang beliau adalah seorang ibu yang bijak dan tulus. Ia mendidik putranya yang kelak menjadi salah satu imam panutan dunia, agar berkunjung ke salah seorang ulama terkenal di masa itu, Rabi’ah bin Abi ‘Abdirrahman. Tujuannya tak lain ialah demi mempelajari adab sang guru.

Ibunda menasihati putranya agar mempelajari adab sebelum mengambil ilmu dari guru. Ini menunjukkan kecerdasan akal beliau sebagai ibu. Berkat itu, imam Malik mempelajari banyak hal terkait tingkah laku, adab, dan akhlak para ulama. Di samping juga mendapatkan banyak ilmu dari majelis sang guru.

Penulis: Peni Nh

Editor: UmmA

Sumber: Sufyan bin Fuad Baswedan. 2018. Ibunda Para Ulama. Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Pustaka Al-Inabah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here