Cermat Simpan dan Konsumsi Daging

0
129 views
New York Strip Steak

Kiblatmuslimah.com – Kita sudah berada di bulan Dzulhijjah, bulan saat syariat berudhiyah ditegakkan bagi setiap muslim yang mampu.

Momen ketika hampir setiap muslim di dunia merasakan indahnya berbagi daging hewan udhiyah. Walaupun masih terdengar dari berita, ada umat muslim yang bahkan tidak bisa melaksanakan shalat Idul Adha dengan aman, apalagi merasakan masakan daging hewan kurban. Semoga Allah melindungi dan memberikan kesabaran bagi mereka. Aamiin.

Tentang daging hewan kurban (baik sapi, unta, domba ataupun kambing), ada beberapa hal yang perlu kita ketahui. Terkait cara menyimpan dan mengonsumsi daging tersebut dengan benar. Mengonsumsi daging, identik dengan peningkatan kolesterol dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit.

Sebelumnya kita perlu tahu, bahwa daging adalah sumber protein dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, daging juga memiliki lemak dan kolesterol. Nah, lemak ini bisa menyebabkan seseorang mengalami obesitas jika jumlahnya berlebih dalam tubuh.

Penumpukan lemak dan kolesterol dalam tubuh juga bisa menyebabkan kadar kolesterol jahat LDL meningkat. Mengapa dikatakan kolesterol jahat? Karena LDL dapat menyebabkan plak atau sumbatan di area pembuluh darah (aterosklerosis). Yang akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Lantas bisakah kita mengonsumsi daging tanpa takut terkena dampak buruk dari makan daging?

Pertama, perlu kita ingat adalah kaidah halal dan thayyib. Jika halal sudah pasti terbahas syariat, sedangkan yang thayyib tergantung dari masing-masing individu. Maka sangat dianjurkan bagi setiap umat Islam mengetahui kondisi tubuh masing-masing.

Kedua, jangan berlebihan dalam mengonsumsi daging. Sudah mahfum, apapun perkara yang di dalamnya ada berlebih-lebihan maka tidak baik.

Berikut cara menyimpan daging dengan benar. Siapkan wadah kecil-kecil yang tertutup rapat untuk membagi daging menjadi porsi yang lebih kecil. Jika ingin memasak kita tidak perlu mengeluarkan semua daging dari lemari es. Simpan daging di dalam freezer agar daging tetap segar, mencegah pertumbuhan bakteri, dan nutrisinya pun tidak hilang. Perlu diingat, kita tidak perlu mencuci daging sebelum disimpan.

Selanjutnya adalah cara mengonsumsi daging dengan benar. Saat memasak pastikan alat dan bahan bersih. Dianjurkan memiliki pisau dan talenan khusus untuk daging, agar bakteri dari daging tidak menyebar ke bahan makanan lain.

Jika ingin memasak daging, disarankan untuk memanggangnya atau merebusnya, bukan menggoreng.

Jika ingin digoreng, bisa menggunakan minyak yang sehat bagi jantung, seperti minyak bunga matahari, minyak kanola, minyak kedelai, atau minyak zaitun.

Setelah mengonsumsi daging, dianjurkan untuk makan makanan yang berserat. Agar mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh.

Wallahu alam bish shawwab.

Nur Fadhilah Narlinda

Sumber

https://www.alodokter.com/mengolah-daging-sapi-dengan-benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here