Catatan Pendidikan

0
163 views

Judul Buku      : Catatan Pendidikan

Penulis : Muhammad Ardiansyah

Penerbit           : Ma’had ‘Aly Hujjatul Islam, Depok

                          Kerjasama dengan YPI At-Taqwa, Depok

Tebal               : 164 halaman

Cetakan           : I, Mei 2017

Peresensi         : Safanah Al Khansa

Kiblatmuslimah.com – Berbicara masalah pendidikan, sepertinya tidak akan ada habisnya. Banyak sekali metode dalam mendidik generasi yang kita temui hari ini. Seperti kata penulis dalam buku ini, “Pendidikan adalah masalah bersama. Dinamika yang ada di dalamnya selalu menarik untuk dibahas. Setiap orang berusaha menyampaikan gagasan, ide, saran bahkan kritik untuk memperbaiki wajah pendidikan. Oleh karena itu, sampai saat ini kajian tentang pendidikan belum selesai, bahkan semakin ramai.”

Iya, ramai. Tapi, manakah metode yang paling tepat untuk benar-benar mengembalikan generasi sekelas Sultan ke-7 Turki Utsmani, Mahmed II? Lalu tersematlah gelar Al-Fatih padanya karena beliau sang pembuka gerbang kejayaan yang berakhir pada 1923 M itu.

Bukankah kita ingin mengembalikan Islam yang besar seperti pada masa itu? Maka berbicara masalah pendidikan adalah suatu yang sangat penting.

Ada satu kalimat abadi dari Al-Imam Malik bin Anas rahimahullah yang menjadi pegangan dasar kita, “Generasi ini tidak akan bisa baik kecuali dengan cara generasi awal diperbaiki.”

Buku ini hadir dengan ukuran yang pas di saku, tapi isinya tidak se-mungil itu. Penulis mengumpulkan catatan-catatan tentang ilmu, sejarah pendidikan, tradisi keilmuan, pemikiran tokoh dan juga nasihat-nasihat orang besar yang dicatat dalam sejarah peradaban Islam dalam buku ini. Sederhana namun kaya makna.

Sebuah refleksi pemikiran untuk mewujudkan pendidikan yang lebih beradab. Diadopsi dan bersumber dari cara Islam berbicara tentang pendidikan. Bukan dengan pendidikan sekuler pada zaman ini yang mengedepankan angka di atas kertas namun miskin adab.

Dari daftar isinya, buku ini tak seremeh bentuknya. Pembahasannya menyeluruh, dikemas dengan bahasa yang bersahabat namun tak menghilangkan maknanya. Sangat baik untuk dibaca bagi seluruh kalangan di dunia pendidikan.

Siapkan peran kita, untuk generasi yang berilmu dan beradab!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here