Cara Aman Gunakan HP

0
89 views

Kiblatmuslimah.comSmartphone atau HP merupakan contoh teknologi informasi yang berkembang pesat di masyarakat saat ini. Teknologi HP menggunakan gelombang elektro magnetik (GEM) sebagai media transmisi data yang lebih praktis.

 

Gelombang elekromagnetik sejenis dengan radiasi non-ionisasi yang memiliki level golongan rendah yaitu memiliki tingkat SAR (specific absorption rate) di bawah 1,6 watt/kg. Walaupun dinyatakan masih aman untuk digunakan sehari-hari namun jika dipakai terus-menerus tanpa mengenal batas waktu maka radiasi yang dipancarkan hp dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan tubuh.

 

Seperti halnya masalah pada kerusakan otak, sakit kepala berulang, gangguan pada telinga, kanker kulit, bahkan sampai bisa merusak janin yang ada pada kandungan ibu. Karena memang terpancarnya radiasi hp yang terlalu sering akan berefek pada hal yang tidak diinginkan.

 

Lalu bagaimana agar kita bisa menghindari hal-hal tersebut dan tetap dapat mengunakan hp dengan aman?

 

Nah, berikut adalah 5 tips agar kita terlindung dari paparan radiasi yang berlebih dari hp :

  1. Gunakan kedua telinga secara bergantian

Pada saat kita sedang menelpon seseorang alangkah lebih baik apabila sering-sering mengganti posisi hp dari telinga kanan ke kiri, begitu pun sebaliknya. Menelepon dengan menggunakan satu telinga menjadikan suhunya meningkat, radiasi terkumpul lalu masuk rongga telinga dan mengakibatkan pendengaran menjadi berkurang

 

  1. Menyimpan dalam tas bukan saku

Gelombang elektromagnetik hp dapat menembus ruang hampa termasuk kain atau baju yang kita kenakan langsung masuk ke jaringan tubuh. Menyimpan hp dalam tas setidaknya menghambat perluasan radiasinya.

 

  1. Hp dinonaktifkan pada malam hari
    Saat tidur sebaiknya nonaktifkan hp dan simpanlah jauh dari kepala atau tubuh kita. Walaupun dalam keadaan mati, radiasi hp masih bisa masuk ke dalam tubuh.

 

  1. Simpan di lemari bukan ranjang
    Simpanlah hp yang tidak digunakan di dalam laci atau lemari untuk memblokir aktivitas radiasinya yang sebenarnya tetap berjalan walaupun dalam keadaan dimatikan. Jangan diletakkan di atas ranjang karena radiasinya akan mudah masuk dalam tubuh manusia dan mengganggu sirkulasi darah.

 

  1. Tidak dalam kondisi dicas/diisi
    Jika sedang mengisi baterai, janganlah menggunakan hp tersebut untuk menelpon seseorang atau sekedar membalas Aliran listrik yang sedang masuk ke dalam komponen hp dapat tiba-tiba berubah menjadi bersuhu panas dan meledak. Hindari pula mengisi ulang baterai hp dalam keadaan tidur. Jika baterai sudah penuh terisi dan tidak segera dicabut maka akan timbul ledakan dan terbakar.

 

Semoga kita dapat mengamalkan tips-tips tersebut dan terhindar dari gangguan radiasi hp yang tidak diinginkan.

 

Sumber: https://halosehat.com/tips-kesehatan/kesehatan-tubuh/bahaya-radiasi-hp/amp

Penulis: Izni Fathimah Rozanah

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here