Bayam Sang Raja Sayuran

0
1030 views

Kiblatmuslimah.com – Sayuran yang bernama latin Amaranthus spp ini konon dinobatkan sabagai raja sayuran karena manfaatnya yang sangat banyak. Dapat membantu melancarkan ASI, menjaga kesahatan mata, menurunkan demam, mengatasi anemia, memperkuat fungsi hati, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Sayur yang sering kita temui ini, ternyata unggul dalam kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin B, vitamin B1, dan mineral penting seperti kalsium dan zat besi. Zat besi sendiri sangat penting untuk mengatasi kekurangan darah atau yang sering kita sebut anemia. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin K, asam folat, seng (Zinc), magnesium, fosfor dan kalium.

Kandungan protein bayam pun tak bisa diremehkan, bayam memiliki kandungan protein yang relatif lebih tinggi dari kangkung. Bayam juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang akan membantu proses pencernaan lambung sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan lambung.

Sekalipun banyak manfaatnya, pernahkah mendengar sayur bayam mengandung zat berbahaya setelah dipanaskan?

Ini karena bayam juga mengandung nitrat, senyawa nitrat dapat berubah menjadi suatu zat beracun yang dapat menyebabkan luka bakar dan nitrat juga dapat berubah menyerupai zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Apabila saat terjadi perubahan kimia tersebut, saur bayam dikonsumsi anak-anak atau orang dewasa, maka akan mempengaruhi kemampuan darah membawa oksigenke seluruh tubuh.

Berikut cara memasak dan mengkonsumsi bayam agar maksimal manfaatnya dan terhindar dari bahayanya :

  1. mencuci bersih bayam sebelum dimasak untuk menghindarkan efek bahaya lain, seperti penularan bakteri, pestisida, dsb.
  2. Karena berbahaya bila dipanaskan ulang, sebaiknya tidak memasak bayamdalam jumlah besar dan untuk sekali makan.
  3. Menggunakan alat masak berbahan stainless steel dapat memperkecil reaksi kimia yang terjadi.

[Fadhilah – Majalah Hilal Ahmar]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here