Apakah Suara Grok-Grok pada Bayi Baru Lahir Berbahaya?

0
338 views

Kiblatmuslimah.com – Seringkali kita mendengar ibu mengeluh bayinya mengeluarkan suara grok-grok. Tentu saja ada perasaan cemas dan takut kalau bayi yang baru ia lahirkan mengalami masalah.
Ibu tidak perlu khawatir, dr. Darmawan B Setyanto Sp. A (K) dalam website idai.or.id menjelaskan bahwa grok-grok pada bayi baru lahir bukanlah keadaan yang berbahaya.
Suara grok-grok pada bayi disebabkan oleh lendir pada dinding saluran napas. Salah satu fungsinya adalah menangkap zat asing yang terbawa dalam udara yang dapat menimbulkan gangguan saluran napas.
Lendir ini kemudian akan dibawa oleh suatu mekanisme seperti ban berjalan yang disebut dengan bersihan mukosilier. Nantinya lendir ini akan berjalan sampai di tenggorokan dan akan tertelan secara tidak sengaja. Jika lendir ini lebih banyak dari biasanya, kita akan refleks batuk. Batuk ini sebagai upaya untuk mendorong gumpalan lendir keluar. Nah, inilah anugerah dari Allah azza wa jalla yang menciptakan mekanisme bersihan mukosilier dan batuk sehingga tubuh kita tidak penuh dengan lendir.
Pada bayi baru lahir, “petugas kebersihan” (bersihan mukosilier) ini belum terampil dalam bertugas. Suara udara yang melewati cairan lendir itulah yang menimbulkan suara grok-grok pada bayi itu.
Keadaan ini tidak berbahaya. Yang harus ibu perhatikan adalah mencari hal-hal yang dapat memperparah keluhan tersebut dan semaksimal mungkin ibu harus menghindarinya.
Hal yang dapat memperparah grok-grok, misalnya asap rokok, bulu binatang, debu rumah, tungau debu dalam rumah. Jadi ibu harus memastikan boneka, korden, tempat tidur bayi benar-benar bersih darinya.
Sumber: idai.or.id
Oleh: Fadhilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here