Anak Penakut? Begini Tipsnya

0
538 views

Kiblatmuslimah.com – Si kecil penakut? Para ahli psikologi anak mengatakan, “Pada usia 6 bulan, anak akan takut kepada orang-orang yang belum dikenal. Pada usia 1 tahun, kadang anak akan menampakan tanda-tanda ketakutan ketika terjadi keributan tiba-tiba, melihat sesuatu yang jatuh secara mendadak, atau sejenisnya. Sedangkan pada usia 3 tahun, banyak sekali hal-hal yang ditakutinya, seperti binatang, mobil, dan lain-lain”.
Lalu, adakah tips untuk mengatasi rasa takut pada anak? Berikut tipsnya:
Pertama, kita harus berusaha menciptakan rasa aman dan tenang.
Kedua, jika anak berhadapan dengan sesuatu yang menakutkan, kita harus mencari dan mengatasi sebabnya dengan segera, secara bertahap.
Ketiga, kepada orang tua, jangan sekali-kali menampakan rasa takut di depan anak-anak!
Keempat, mengalihkan hal-hal yang mendatangkan rasa takut pada anak dengan hal-hal yang menjadikannya gembira.
Sebagai contoh, jika anak takut terhadap kucing. Maka kita bisa memperlihatkan seekor kucing yang kita gendong atau dengan memberi kucing makan.
Begitu juga dengan takut kepada kegelapan. Juga dapat diatasi dengan cara menemani anak dalam kamar yang gelap sambil memeluk atau memperdengarkan cerita-cerita. Agar dia terbiasa dengan kegelapan.
Terakhir, semuanya harus saling membantu mengatasi sumber ketakutan. Baik ayah, ibu, saudara juga dengan para guru. (lu’lu)

Referensi: Gomma, Abla Bassat. 2012. Membentuk Kepribadian Anak Sejak Dini. Solo: Samudera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here