Amalan Penjamin Rumah di Surga (Bagian 2)

0
243 views

Baca sebelumnya Amalan Penjamin Rumah di Surga (Bagian 1)
Kiblatmuslimah.com – Sebelumnya telah diterangkan 4 amalan penjamin rumah di surga. Mari kita simak amalan penjamin lainya.

5. Meninggalkan perdebatan, walaupun dia dalam kebenaran. Maka Allah akan bangunkan rumah di pinggiran surga.

Sebagaimana Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam– bersabda :

أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِى رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِى وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِى أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

“Aku menjamin sebuah rumah di pinggir jannah (surga) bagi orang yang meninggalkan perdebatan berkepanjangan meskipun dalam kebenaran (al-haq), juga sebuah rumah di tengah jannah bagi yang meninggalkan berbohong walaupun sedang bercanda, serta sebuah rumah di puncak jannah bagi yang berakhlak mulia.”(HR. Abu Dawud, dinyatakan hasan shahih oleh Syaikh Al-Albani)

Umar bin Khattab berkata:

لا يجد عبد حقيقة الإيمان حتى يدع المراء وهو محق ويدع الكذب في المزاح وهو يرى أنه لو شاء لغلب

“Seseorang tidak akan merasakan hakikat iman sampai ia mampu meninggalkan perdebatan yang berkepanjangan meskipun dalam kebenaran dan meninggalkan berbohong meskipun hanya bercanda. Padahal ia tahu seandainya mau, pasti menang dalam perdebatan itu”

6. Meninggalkan dusta atau kebohongan walaupun bercanda. Maka Allah akan janjikan rumah yang terletak di tengah-tengah surga. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadist di atas.

7. Seseorang yang memiliki akhlak mulia juga dapat jaminan rumah di surga. Dalam hadist di atas disebutkan bahwa seseorang yang berakhlak mulia, Allah akan membangunkan rumah di puncak surga.

8. Apabila seseorang hamba yang kehilangan anak, dia mampu mengucap kalimat hamdalah dan istirja’, Allah akan membangunkan bagi dirinya rumah di surga yang dinamai Baitul hamd.

ذَا مَاتَ وَلَدُ الْعَبْدِ قَالَ اللهُ لِمَلاَئِكَتِهِ: قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِيْ؟ فَيَقُوْلُوْنَ: نَعَمْ، فَيَقُوْلُ: قَبَضْتُمْ ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ؟ فَيَقُوْلُوْنَ: نَعَمْ، فَيَقُوْلُ: مَاذَا قَالَ عَبْدِيْ؟ فَيَقُوْلُوْنَ: حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ، فَيَقُوْلُ اللهُ: ابْنُوْا لِعَبْدِيْ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَسَمُّوْهُ بَيْتَ الْحَمْدِ.

“Jika anak seorang hamba meninggal, maka Allah bertanya kepada para malaikatnya, ‘Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?’ Mereka menjawab, ‘Ya.’ Dia bertanya, ‘Kalian telah mengambil buah hatinya?’ Mereka menjawab, ‘Ya.’ Bertanya lagi, ‘Apakah yang diucapkan oleh hamba-Ku?’ Malaikat menjawab, ‘Dia memuji-Mu dan mengucapkan istirja’. Allah berfirman, ‘Dirikanlah untuk hamba-Ku sebuah rumah di surga, dan namailah dengan bait al-hamd (rumah pujian).”

9. Menutup celah dalam shaf shalat, Allah akan membalasnya dengan satu derajat dan membangunkan untuknya rumah di surga.

Aisyah radliyallahu anha berkata, telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

مَنْ سَدَّ فُرْجَةً رَفَعَهُ اللهُ بِهَا دَرَجَةً وَ بَنَى لَهُ بَيْتُا فِى اْلجَنَّةِ

“Barang siapa yang mengisi celah (di dalam sholalat) maka Allah akan mengangkatnya satu derajat dan membangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga”. [HR ath-Thabraniy di dalam al-Awsath, Ibnu Majah: 995 dan Ahmad: VI/ 89. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

10. Orang yang beriman kepada Rasulullah.

:

« كُلُّ أُمَّتِى يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ ، إِلاَّ مَنْ أَبَى » . قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَنْ يَأْبَى قَالَ : « مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى »

“Semua umatku pasti akan masuk surga kecuali orang yang enggan.” Para shahabat bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang enggan itu?” Beliau menjawab, “Barang siapa menaatiku pasti masuk surga, dan barang siapa mendurhakaiku maka dia orang yang enggan (tidak mau masuk surga, pent).”. (HR. Al-Bukhari no.6851, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu).

Itulah amalan-amalan penjamin masuk surga. Semoga semua ilmu di atas bisa dijadikan dasar amal. Kita memohon kepada Allah agar dipermudah mengamalkanya. Semoga bermanfaat. Amiin

Oleh: Fyrda Ummu Farhat.

Penyunting: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here