Sehat dengan Aktivitas Fisik

0
288 views

Kiblatmuslimah.com- Pernah mendengar tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat)? GERMAS adalah slogan dari Kementerian Kesehatan yang berisi tujuh langkah untuk mengajak masyarakat memiliki perilaku kesehatan yang baik. Nah, poin pertama  dari GERMAS adalah melakukan aktivitas fisik.

Seperti yang kita ketahui, perilaku kehidupan sekarang seringkali membuat banyak orang sedikit melakukan aktivitas fisik, baik itu bekerja maupun berolahraga. Kemudahan dalam keseharian karena bantuan teknologi dan kesibukan yang menyita waktu menjadikan banyak orang menjalani gaya hidup yang kurang sehat. Melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu langkah GERMAS yang diutamakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah setiap gerakan tubuh yang melibatkan otot rangka dan mengakibatkan pengeluaran energi. Aktivitas ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya di rumah, sekolah, kantor dan tempat umum.

Lakukanlah aktivitas fisik paling sedikit 30 menit sehari. Selain itu, lebih baik kita membatasi kegiatan banyak duduk seperti menonton televisi, main game dan komputer. Apalagi jika ditambah dengan makan kudapan yang manis, asin, dan berminyak.

Contoh aktivitas fisik yang dapat dilakukan dengan mudah adalah lari cepat, naik turun tangga, sit up, push up, bersepeda dan lompat tali.

Sumber: kemenkes.go.id

Penulis: Ummu Atikah

Editor: UmmA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here