CERDIK Mencegah Gagal Ginjal

0
207 views

Kiblatmuslimah.com – Siapa yang tidak ngeri ketika seseorang divonis menderita gagal ginjal? Karena memang hampir semua penderita gagal ginjal tidak bisa hidup leluasa, seperti sebelumnya. Lalu apa sebenarnya penyakit gagal ginjal itu?

Penyakit gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Ginjal berfungsi mencegah cairan dan limbah terkumpul di dalam darah. Ginjal menjaga darah tetap bersih untuk mencegah infeksi. Ginjal juga bertugas menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, memproduksi sel darah merah dan menjaga tekanan darah.

Karena fungsi ginjal yang urgen dalam tubuh manusia itu, bisa kita bayangkan, jika ginjal tidak lagi bisa menjalankan tugasnya. Maka kualitas hidup seseorang pasti akan terganggu.

Gagal ginjal hampir tanpa gejala. Pasien hampir tidak pernah mendeteksinya pada tahap awal. Namun, ada upaya bisa dilakukan agar kita tidak terserang penyakit gagal ginjal. Yakni, dengan perilaku CERDIK. Perilaku CERDIK adalah kepanjangan dari lima aktivitas berikut:

1. Cek kesehatan secara berkala

2. Enyahkan asap rokok

3. Rajin aktivitas fisik sehat dengan kalori seimbang

4. Istirahat cukup

5. Kelola stres

Selain usaha itu, banyak berdoa kepada Allah agar diberikan kesehatan. Apabila penyakit datang,  mohonlah agar diberi kesabaran oleh Allah. Ingatlah hadits ini, wahai saudariku,

“Seorang muslim tertimpa kesedihan, kesusahan, penyakit, gangguan walau sekedar tertusuk duri, pasti Allah akan menjadikannya penghapus dosa-dosa yang ia miliki.” (HR. Al-Bukhari bab Al-Mardhi no.5318, Muslim bab Al-Birr was Shilah wal Adab no.2573, At-Tirmidzi bab Al-Jana’iz no.966, Ahmad 3/19)

Penulis: Fadhilah, AMD

Sumber:

http://www.depkes.go.id/article/view/18030800001/kebijakan-lalin-tol-jakarta-cikampek-sudah-melalui-kajian-matang.html
https://www.google.com/amp/aceh.tribunnews.com/amp/2018/06/22/8-tanda-awal-anda-terkena-gagal-ginjal-berjerawat-hingga-mudah-lelah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here