Sirah, Spirit Umat Islam

0
50 views

 

Kiblatmuslimah.com – Sejarah sebagai napas ilmu, harus diperhatikan secara serius oleh umat Islam. Sejarah adalah guru kehidupan dan cermin masa lalu, sebagai pijakan langkah masa depan.

Umat Islam sebenarnya mempunyai sejarah dan peradaban Islam yang agung. Terutama sejarah perjalanan sirah Nabi. Tapi saat ini umat Islam jarang sekali mempelajari sirah. Umat sudah tergerus dengan peradaban Barat. Umat telah tercekoki  dari berbagai arah. Para penjajah telah menebar racun agar umat Islam jauh dari sejarahnya.

Sirah merupakan bagian integral dari ummatan wahidah. Sirah mewarisi spirit masa lampau umat Islam dan menumbuhkan ghirah serta ruh perjuangan.

Umat tidak hanya mempelajari aqidah, fiqih, dan akhlak. Dari semua hal tersebut terintegrasi  dengan sirah. Tidak ada mata rantai terputus yang menghubungkan dengan Rasulullah saw dan nabi-nabi sebelumnya.

Dengan menghayati sirah, umat akan memperoleh tsabat. Kenapa? Karena umat telah bersama dalam garis lurus dengan Rasul dan para sahabatnya. Ibarat sirah sebagai pemancar maka siarannya akan ditangkap baik oleh penerimanya.

Sirah memberi kemantapan dalam perjuangan. Cara mengkaji dan menghayati setiap gerakan Rasulullah saw beserta sahabat dalam berjuang. Membuka kembali lembaran-lembaran perjuangan mereka dalam membangun dan membangkitkan Islam. Ini merupakan modal perjuangan umat Islam yang tiada ternilai harganya.

Penulis: Hamammah Wy

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here