Perawatan Rambut Muslimah Berhijab

0
157 views

Kiblatmuslimah.com – Rambut adalah salah satu bagian terpenting bagi muslimah. Rambut merupakan mahkota yang berharga. Tidak bisa dipungkiri jika masalah rambut sering mengganggu rasa percaya diri para muslimah. Mereka pun kemudian menempuh berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang indah.

Sebelum kita masuk pembahasan tentang perawatan rambut, alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis rambut. Para ahli kecantikan membaginya menjadi 3 jenis, yaitu:

Pertama, rambut berminyak. Jenis rambut ini banyak memproduksi lemak atau zat lengket, cepat kotor dan cenderung berketombe.

Kedua, rambut kering. Jenis rambut ini kebalikan dari rambut berminyak, yakni menghasilkan lemak sangat terbatas. Sehingga rambut tampak kusam, sulit disisir, mudah rontok dan bercabang.

Ketiga, rambut normal. Jenis rambut ini yang paling ideal. Tampak berkilau, mudah disisir, bertekstur kuat tapi lembut.

Mengenakan jilbab setiap hari membuat rambut lepek, lembab dan mudah rontok. Untuk itu para muslimah harus mengetahui cara merawat rambutnya agar tetap sehat. Ada 2 cara dalam merawatnya, yaitu perawatan dari dalam dan luar.

Perawatan dari dalam meliputi;

  1. Menjaga asupan makanan/nutrisi dengan baik. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dapat memperkuat rambut. Bisa kita peroleh dengan mengonsumsi ikan, daging, susu dan juga kacang-kacangan. Selain itu, untuk merawat rambut juga butuh vitamin A, B, C. Biasanya terdapat pada sayur dan buah segar.
  2. Mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari. Tidak hanya baik untuk tubuh kita, ternyata air juga dapat menjaga kelembaban pada rambut sehingga tetap lembut.

Sedangkan cara  perawatan dari luar sebagai berikut;

  1. Keramas rutin 3x seminggu.
  2. Keringkan dahulu rambut Anda sebelum mengenakan jilbab.

3 Tidak mengikat rambut terlalu kencang

  1. Gunakan getah lidah buaya untuk menghindari rambut rontok.
  2. Gantilah jilbab setiap hari saat berkeringat, karena bakteri mudah berkembang.
  3. Saat bangun pagi, usahakan menyisir rambut dengan jari-jari kita.
  4. Jika perlu, lakukan creambath minimal 1x dalam sebulan untuk menjaga rambut agar tetap terawat.

Nah, sudah tahu kan cara perawatan rambut khusus untuk muslimah berhijab? Yuk, jangan malas merawat rambut. Semoga bermanfaat.

 

 

*Prima ummu Aisy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here